BUMN Perkebunan Makin Serius Garap Pasar Afrika

BUMN Perkebunan Makin Serius Garap Pasar Afrika
Delegasi PTPN III dalam road show di Mesir untuk menjajaki pasar ekspor. Foto: PTPN III

jpnn.com, KAIRO - Holding Perkebunan Nusantara PTPN III menggelar road show di Mesir pada 7-10 Oktober ini. Induk atau holding BUMN perkebunan itu menyasar pasar di Afrika khususnya Mesir agar menyerap hasil agrobisnis tanah air.

Direktur Utama PTPN III Dolly Parlagutan Pulungan memimpin langsung delegasi road show ke Mesir. Sedangkan anggota delegasinya antara lain Direktur Tanaman Tahunan PTPN III Ahmad Haslan Saragih, Senior Executive Vice President PTPN III Suhendri, Direktur Utama PTPN IV Siwi Peni dan Komisaris PTPN IV Muhammad Osmar.

Sebagaimana siaran pers PTPN III, delegasi pimpinan Dolly itu menemui para pengusaha Mesir. Delegasi PTPN juga mengunjungi beberapa perusahaan untuk menjajaki peluang kerja sama, antara lain United Oil, importir kelapa sawit Arma Group, Pharco Pharmautical yang bergerak di bidang bioetanol dan farmasi, serta pabrik ban Alexandria Tyre dan importir kopi robusta Al Gharas.

Selama pertemuan bisnis dan visitasi ke sejumlah perusahaan, delegasi PTPN III didampingi Duta Besar Indonesia untuk Mesir Helmy Fauzi, Atase Perdagangan KBRI Kairo Burman Rahman, serta Koordinator Fungsi Ekonomi KBRI Kairo Yubil Septian.

Dolly menuturkan, pasar Mesir dan Afrika sengat terbuka bagi produk BUMN perkebunan. Apalagi, katanya, PTPN III memiliki pasokan komoditas yang memadai.

“Kalau dulu kami memang tidak bisa berjualan langsung, tapi dengan kebijakan baru kami sekarang sudah bisa ekspor secara langsung. Dan ini sangat menguntungkan kami,” ujarnya.

Karena itu PTPN III menargetkan road show kali ini bisa menghasilkan sejumlah nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU) untuk ekspor kelapa sawit. Menurut Dolly, PTPN III saat ini memiliki stok 150 ribu ton kelapa sawit siap ekspor hingga Desember 2018.

“Dari sejumlah pembicaraan dengan beberapa perusahaan, kami yakin pulang ke Jakarta dengan sejumlah nota kesepakatan ekspor,” jelas Dolly.

BUMN perkebunan yang berada di bawah holding PTPN III makn serius menggarap pasar Afrika khususnya mesir untuk mehyerap komoditas pertanian tanah air.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News