Bunda, Ingat Hari ini PIN Polio Dimulai

Bunda, Ingat Hari ini PIN Polio Dimulai
Ilustrasi. Foto : kesehatananakku.com

jpnn.com - SURABAYA – Bagi orang tua jangan lupa membawa si kecil untuk vaksin. Sebab, Pekan Imunisasi Nasional (PIN) polio sudah mulai serentak dilaksanakan hari ini di seluruh wilayah Indonesia.

Termasuk ratusan ribu anak di Surabaya. Dinas Kesehatan (Dinkes) Surabaya menarget 220.904 balita berumur 0-59 bulan bisa mendapat dua tetes vaksin untuk mencegah penyakit yang menyerang syaraf penggerak otot tersebut. 

Spesialis anak RSUD dr Soetomo dr Dominicus Husada SpA (K) menyatakan, vaksin polio memang penting untuk anak. Menurut dia, setiap bayi sebaiknya rutin mendapat vaksin tersebut. ''Kalau bisa, diberi sejak lahir,'' ujarnya. 

Usia pemberian vaksin polio pun tidak terbatas. Setelah lahir, bayi bisa diberi berurut di usia 2, 3, 9, dan 18 bulan. Jika di umur tersebut bayi belum diberi vaksin, pemberiannya bisa dilakukan kapan pun, berkali-kali pun bisa. Tidak pandang status baru saja atau sudah lama mendapat vaksin.

Pemberian vaksin itu bertujuan menaikkan kekebalan tubuh. Dengan begitu, kemungkinan terkena penyakit polio bisa dihindari. ''Yang sudah imunisasi saja bisa kena, apalagi tidak. Jangan disepelekan,'' ucap Dominicus. 

Polio, lanjut dia, memang berbahaya. Yang diserang virus polio adalah syaraf penggerak otot. Akibatnya, otot tidak berkembang dan rusak. Serangannya mulai dari salah satu organ tubuh sampai seluruh badan. Polio juga menular. Yakni, lewat berak. Contohnya, di daerah yang menggunakan sungai sebagai sumber air. 

Menurut dia, orang tua tidak perlu khawatir terhadap dampak pasca imunisasi. Sebab, jarang ada kasus anak panas. Sebab, vaksinnya berbentuk tetes, bukan suntik. ''Tidak usah ragu-ragu mengimunisasi anak,'' katanya. 

Menutut dia, dulu negara seperti Jepang dan Rusia pernah mengalami wabah polio. Sebab, vaksin pernah tidak diberikan kepada anak. Saat ini Surabaya memang sudah mendapat sertifikat bebas polio. 

SURABAYA – Bagi orang tua jangan lupa membawa si kecil untuk vaksin. Sebab, Pekan Imunisasi Nasional (PIN) polio sudah mulai serentak

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News