Bungkam Pembenci China, Akademisi Uighur Sebut Semua Etnis Hidup Bahagia di Xinjiang

Bungkam Pembenci China, Akademisi Uighur Sebut Semua Etnis Hidup Bahagia di Xinjiang
Pelajar dari etnis Uighur mempelajari Alquran dan Hadis di Institut Islam Xinjiang, Kamis (03/01/2019). Lembaga tersebut difasilitasi pemerintah Tiongkok untuk mencetak para imam yang bebas dari pengaruh radikalisme dan ektremisme. Foto: ANTARA/M. Irfan Ilmie

jpnn.com, XINJIANG - Seorang akademisi Uighur dari Daerah Otonomi Xinjiang yang pernah diisukan ditahan oleh otoritas China, turut mengikuti pertemuan daring Dewan Hak Asasi Manusia Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNHRC) ke-47 pada Selasa (22/6).

Gulnar Ubul yang juga Wakil Ketua Asosiasi Sains dan Teknologi Xinjiang turut berpidato pada pertemuan tersebut.

"Sebagai akademisi dari etnis Uighur, saya menyaksikan perubahan dalam beberapa tahun terakhir di Xinjiang. Perkembangan HAM di daerah kami juga telah disaksikan oleh komunitas internasional," kata akademisi perempuan itu dalam pertemuan tersebut.

Menurut dia, lebih dari empat tahun di daerahnya sudah tidak pernah terjadi lagi tindak kekerasan dan masyarakat setempat menikmati pembangunan ekonomi dan sosial yang lebih baik.

Foto Gulnar pernah terpasang di sebuah pameran di Jenewa, Swiss, pada Februari 2020, dengan penyebutan sebagai akademisi Xinjiang yang ditahan dan hilang.

"Saya berharap pihak-pihak asing anti-China tidak menistakan saya atau akademisi dari suku lain di Xinjiang," ujarnya dikutip Global Times.

Gulnar bekerja di Kashi University di Kota Kahsgar, Xinjiang, yang kemudian diangkat sebagai Wakil Direktur Biro Teknologi Pertanian di daerah itu sebelum menduduki jabatan sebagai Wakil Ketua Asosiasi Sains dan Teknologi.

Ia menyebutkan daerahnya telah berhasil dalam mengatasi kemiskinan. Sekitar 3,06 juta jiwa yang tinggal di perdesaan terbebas dari kemiskinan. Lalu 3.666 desa dan 35 kabupaten di Xinjiang telah bebas dari kemiskinan.

Seorang akademisi Uighur yang pernah diisukan ditahan oleh otoritas China berbicara di pertemuan PBB

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News