Buntut Rusuh Lapas Cipinang, Sejumlah Narapidana Dipindah

Buntut Rusuh Lapas Cipinang, Sejumlah Narapidana Dipindah
Sel Mewah di Lapas Cipinang Sudah Lama. Foto Jawa Pos/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Setelah aksi keributan di Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Cipinang, Jakarta Timur berhasil diredam, sejumlah warga binaan langsung dipindahkan.

Kabag Humas Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Ade Kusmanto mengatakan, ada sembilan narapidana yang dipindahkan dari tempat awalnya.

Ada yang dipindah ke Lapas Kelas II Salemba, Jakarta Pusat, ada juga yang ke Lapas Narkotika Cipinang.

"Enam narapidana ke Lapas Narkotika Cipinang dan tiga ke Lapas Salemba," kata Ade kepada wartawan, Kamis (7/6).

Menurutnya, pemindahan itu dilakukan sebagai langkah antisipasi demi keamanan. Apalagi yang dipindahkan ini diduga dalang keributan.

"Demi keamanan maka, beberapa warga binaan yang dianggap pemicu masalah dipindahkan," tambahnya.

Sebelumnya keribuatan terjadi di Lapas Kelas I Cipinang, Jakarta Timur, Kamis (7/6) pagi sekitar pukul 09.30 WIB. Keributan bermula dari warga binaan atas nama Andreyanto yang tinggal di blok tipe 3 lantai dua beserta dua orang lainnya mendatangi blok tipe 7 OH lantai tiga.

Dia bermaksud menemui warga binaan atas nama Andi Tanu untuk bersilaturahmi. Tiba-tiba saja rekan Andreyanto, yakni Muhammad Royani yang ikut datang ke blok itu salah paham dengan warga binaan atas nama Yossi.

Setelah aksi keributan di Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Cipinang, Jakarta Timur berhasil diredam, sejumlah warga binaan langsung dipindahkan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News