Buntut Tragedi Kanjuruhan, Menpora Amali Singgung Soal Ini

Buntut Tragedi Kanjuruhan, Menpora Amali Singgung Soal Ini
Komentar Menpora Zainudin Amali terkait tragedi kanjuruhan. Foto:Amjad/JPNN

jpnn.com - Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali menyinggung pentingnya edukasi kepada suporter sepak bola harus dimasifkan menyusul tragedi Kanjuruhan. 

Misalnya, kata politikus Golkar itu, suporter sepak bola perlu disadarkan tentang adanya pihak yang menang dan kalah dalam pertandingan sehingga hasil apa pun harus diterima. 

"Disadarkan bahwa pertandingan olahraga, baik sepak bola atau cabor apa pun pasti ada yang memang dan ada yang kalah, sehingga apa pun itu harus diterima," kata Amali melalui keterangan persnya, Minggu (2/9/2022). 

Menpora berharap tragedi Kanjuruhan tidak terjadi lagi ke depan setelah edukasi digelar masif, apalagi banyak suporter yang menginginkan pertandingan sepak bola bisa dihadiri secara langsung di stadion. 

"Jadi, jangan menyalahkan timnya, apalagi pemainnya, pasti mereka sudah berusaha hanya lawannya mungkin lebih baik," kata Amali.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menyebut tragedi Kanjuruhan bukan bentrok antarsuporter sepak bola. 

"Tragedi Kanjuruhan itu bukan bentrok antarsuporter Persebaya dengan Arema," kata Mahfud kepada wartawan, hari ini. 

Eks Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) itu mengatakan bahwa Bonek Mania -suporter Persebaya- tidak diperkenankan hadir di Kanjuruhan.

Zainudin Amali menyebutkan edukasi kepada suporter sepak bola kembali harus dimasifkan menyusul Tragedi Kanjuruhan. 

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News