Bupati Banjar Digadang jadi Menteri PU

Bupati Banjar Digadang jadi Menteri PU
Bupati Banjar Digadang jadi Menteri PU

jpnn.com - JAKARTA - Presiden terpilih Joko Widodo mengakui, sejumlah kepala daerah masuk daftar calon menteri kabinetnya. Namun, mantan walikota Solo itu belum mau menyebut nama.

Santer beredar, salah satu nama yang masuk daftar adalah Bupati Banjar Sultan Khairul Saleh. Dia digadang layak menduduki kursi Menteri Pekerjaan Umum (PU).

Ini lantaran dia dianggap berprestasi selama menjabat bupati dua periode.  Khairul juga merupakan insinyur teknik sipil yang rekam jejaknya berpengalaman di bidang pembangunan infrastruktur.

"Beliau memiliki rekam jejak, kemampuan dan prestasi yang menonjol sebagai putera terbaik Kalimantan. Poin plus dia merupakan Sultan Banjar yang juga Ketua Kerapatan Raja Sultan Se-Borneo," puji tokoh banua Kalimantan Selatan H Pangeran Rusdi Effendi AR.

Dikatakan, sejarah Indonesia mencatat bagaimana dulu Pangeran Muhammad Noor yang merupakan kerabat dari kesultanan Banjar menjadi Menteri PU pertama, pada era Presiden Soekarno.

"Nah, saatnya sekarang bangsawan Banjar modern memegang peran besar di tingkat nasional, dan Sultan Banjar mampu untuk itu,” tegas Rusdi yang juga Dewan Mahkota Kesultanan Banjar ini.

Rusdi bilang, sejak dulu Kesultanan Banjar berperan sangat penting bagi pembangunan Indonesia, termasuk Pangeran Muhammad Noor yang saat itu menjadi Menteri PU dan sukses. "Saya kira wajar bila sekarang Sultan Banjar di era modern juga ikut mewarnai Indonesia,” imbuhnya.

Sultan Khairul Saleh sendiri enggan berkomentar. Dia hanya mengatakan, pengisian kursi kabinet merupakan hak prerogatif presiden. (sam/jpnn)

JAKARTA - Presiden terpilih Joko Widodo mengakui, sejumlah kepala daerah masuk daftar calon menteri kabinetnya. Namun, mantan walikota Solo itu belum

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News