Bupati Muhdlor Luncurkan Kredit Sayang Berbunga 3% Per Tahun

Bupati Muhdlor Luncurkan Kredit Sayang Berbunga 3% Per Tahun
Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali. Foto: Kominfo Pemkab Sidoarjo

jpnn.com, SIDOARJO - Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali meluncurkan Kredit Usaha Rakyat Daerah (KURDA) Sayang Sidoarjo yang Gemilang.

Program tersebut bertujuan untuk menggenjot pemulihan ekonomi daerah.

Bupati berusia 30 tahun itu mengatakan, saat ini usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) terdampak pandemi.

Untuk bisa bangkit, salah satu yang menjadi kendala adalah akses modal murah, sehingga diperlukan program terobosan untuk menjawab kebutuhan UMKM.

“Saya sudah keliling ke banyak desa, ketemu UMKM-UMKM, ekonomi rakyat di tingkat akar rumput. Mereka terkendala akses modal yang murah. Makanya sejak dilantik 26 Februari, saya langsung siapkan skema kredit murah, hingga hari ini diluncurkan Kredit Sayang,” ujar Muhdlor saat meluncurkan program tersebut, Senin (15/3).

Kredit Sayang diluncurkan melalui BPR Delta Artha Sidoarjo, BUMD milik Pemkab Sidoarjo.

Dengan persyaratan yang mudah dan proses cepat, bunga yang dipatok sangat ringan, yaitu 0,25% per bulan atau 3% per tahun.

“Ini bunga terendah, mungkin se-Indonesia ini terendah. KUR nasional bunganya enam persen per tahun. Ini salah satu instrumen untuk memulihkan ekonomi, di samping peningkatan investasi dan berbagai program padat karya,” kata Gus Muhdlor, sapaan akrab bupati alumnus Universitas Airlangga itu.

Bupati Muhdlor sampai enggak bisa tidur memikirkan masalah pengangguran di Sidoarjo yang meningkat selama pandemi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News