Bus Salawat Layani Tamu Allah 24 Jam

Bus Salawat Layani Tamu Allah 24 Jam
Foto: dok jpnn

jpnn.com - JAKARTA-Secara bergelombang jamaah haji asal Indonesia mulai memasuki Tanah Suci untuk menjalankan ibadah haji. Menghadapi hal itu, petugas transportasi Daker Makkah telah menyiapkan armada Bus Salawat untuk mengantarkan jamaah haji ke Masjidil Haram.

Kepala Bidang Transportasi Subhan Cholid mengatakan, tiga hari ke depan jamaah haji Indonesia diperkirakan akan segera masuk ke kota Makkah. Mereka akan diberangkatkan dari Madinah setelah menyelesaikan prosesi ibadah Arbain di Masjid Nabawi. Kegiatan pertama, menurut Subhan, adalah melaksanakan umrah wajib yang menjadi bagian dari rangkaian ibadah haji. ”Bus Salawat sudah siap mengantarkan jamaah haji dari pemondokan ke Masjidil Haram untuk melaksanakan umrah,” ujar Subhan Cholid melalui Siskohat, Kementerian Agama (Kemenag), Senin(15/8).

Menurut Subhan, ini adalah layanan pertama Bus Salawat. Kepada jamaah haji Indonesia yang akan datang dari Madinah mulai Kamis (18/8) mendatang, Subhan berpesan agar setibanya di hotel Makkah, tidak terburu-buru untuk langsung berangkat ke Masjidil Haram guna melaksanakan umrah. Apalagi jika kedatangannya bersamaan dengan jam waktu salat. 

”Kita sarankan mereka ke Haram setelah tenang, barangnya sudah kompiit di kamarnya masing-masing, dan secara fisik sudah fresh. Kita juga sarankan agar umrah tidak dilakukan menjelang masuknya waktu salat agar tidak berbenturan dengan orang yang mau berjamaah,” jelasnya.

Dikatakan Subhan, Bus Salawat beroperasi 24 jam dan melayani 10 rute. Kesepuluh rute di antaranya adalah  Aziziyah Janubiyah Mahbas Jin dengan stiker berwarna biru, Aziziah Syimalia 1 Mahbas Jin dengan warna stiker kuning  dan Aziziah Syimalia 2 Mahbas Jin dengan warna stiker merah.

Kemudian ada rute Mahbas Jin Bab Ali dengan warna stiker putih Syisyah Raudhah Syib Amir dengan warna stiker ungu, Syisyah 1 Syib Amir dengan warna stiker hijau, Syisyah 2 Syib Amir dengan warna stiker abu-abu. Lalu rute Raudhah Syib Amir dengan warna stiker pink tua, Biban/Jarwal Rea Bakhs/Jiad dengan warna stiker hitam dan Misfalah Nakkasah Rea Bakhas/Jiad dengan warna stiker coklat. (nas/dil/jpnn)


JAKARTA-Secara bergelombang jamaah haji asal Indonesia mulai memasuki Tanah Suci untuk menjalankan ibadah haji. Menghadapi hal itu, petugas transportasi


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News