Business Matching di Merdeka Export 2023 Perkuat Kemitraan UMKM Indonesia

Business Matching di Merdeka Export 2023 Perkuat Kemitraan UMKM Indonesia
UMKM Merdeka Export 2023 digelar di lobi utama Hotel Tun Fatimah Riverside, Kota Melaka, Malaysia, Sabtu (9/12). Foto: dok pribadi for JPNN

jpnn.com, MELAKA - CEO Cybers Group Dedi Yudianto ikut dalam acara business matching dalam ajang UMKM Merdeka Export 2023 di Kota Melaka, Malaysia. Acara ini digelar di lobi utama Hotel Tun Fatimah Riverside, Kota Melaka, Sabtu (9/12).

Dedi mengatakan, tujuan digelarnya Business Matching ini untuk memperkuat hubungan antara pelaku bisnis dengan para calon mitra.

Para pelaku usaha di Malaysia dapat membantu memasarkan produk UMKM asal Indonesia di Negeri Jiran tersebut.

“Jadi banyak perusahaan-perusahaan lain yang berminat membantu produk-produk UMKM yang cocok di Malaysia, sehingga bisa terjadi transaksi secara rutin,” kata Dedi.

Dia berharap, tingginya transaksi itu bisa mendorong produk UMKM Indonesia mendunia atau top global di negeri orang.

Apalagi kontribusi UMKM di Indonesia sangat besar bagi perekonomian, karena mengacu dari data Kementerian Koperasi dan UKM bahwa terdapat 65,4 juta pelaku UMKM pada tahun 2019.

Dengan jumlah unit usaha sebanyak itu, terdapat 123.000 tenaga kerja yang terserap. Hal inilah yang membuktikan bahwa dampak dan kontribusi UMKM sangat besar bagi perekonomian Tanah Air.

“Hasil Business Matching kemarin, dari segi food and beverage itu seluruh produknya dibeli oleh Indomart dan akan didisplay di empat outlet Indomart di Kuala Lumpur, dan mana yang paling laku akan di-repeat order (pesan ulang) dari sana,” jelasnya.

CEO Cybers Group Dedi Yudianto ikut dalam acara business matching dalam ajang UMKM Merdeka Export 2023

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News