Buta Huruf di Kalbar Masih Tinggi

Buta Huruf di Kalbar Masih Tinggi
Buta Huruf di Kalbar Masih Tinggi
PONTIANAK - Belum semua masyarakat Kalimantan Barat melek huruf. Berdasarkan data Dinas Pendidikan, jumlah penyandang buta aksara di provinsi ini mencapai 140.654 orang yang tersebar di 14 kabupaten/kota. Menurut Kepala Bidang Pendidikan Nonformal dan Informal, Misbah, penyandang buta aksara tersebut rata-rata berusia 45 tahun ke atas.

“Kalau untuk usia 15-24 tahun, buta aksara kita sudah tuntas,” katanya didampingi Kepala Biro Humas dan Protokoler Sekretariat Daerah Kalbar, M Ridwan, Selasa (13/12). Misbah juga menyebutkan, jika dibandingkan dengan jumlah penduduk, angka buta aksara di Kalbar relatif kecil yaitu hanya sekira 3,7 persen. Angka itu sudah lebih rendah dari target capaian nasional yang dipatok 5 persen.

 

Menurut Misbah, pemprov sangat konsen dalam berupaya menuntaskan buta aksara. Berbagai kebijakan telah diambil, di antaranya dengan mengalokasikan dana yang cukup besar untuk program pendidikan calistung (baca tulis dan hitung) melalui lembaga nonformal. Dalam APBD 2011, pemprov menganggarkan dana sejumlah Rp2,1 miliar untuk penuntasan buta aksara.

 

Di samping itu, gubernur juga telah mengeluarkan surat edaran di tahun 2010 yang isinya meminta agar para bupati dan wali kota segera melaksanakan program percepatan wajib belajar dan pemberantasan buta aksara guna mencapai target 5 persen di akhir 2010. “Ternyata, di tahun 2010, target itu sudah tercapai. Bahkan, kita lebih kecil dari 5 persen,” jelasnya.

 

PONTIANAK - Belum semua masyarakat Kalimantan Barat melek huruf. Berdasarkan data Dinas Pendidikan, jumlah penyandang buta aksara di provinsi ini

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News