Buwas: Cadangan Beras Pemerintah Capai Satu Juta Ton

Buwas: Cadangan Beras Pemerintah Capai Satu Juta Ton
Direktur Utama Perum Badan Urusan Logistik (Bulog) Budi Waseso (Buwas) menyatakan, Cadangan Beras Pemerintah (CBP) mencapai satu juta ton. Foto: Humas Bulog

jpnn.com, JAKARTA - Direktur Utama Perum Badan Urusan Logistik (Bulog) Budi Waseso (Buwas) menyatakan Cadangan Beras Pemerintah (CBP) mencapai satu juta ton.

Menurut dia, jumlah itu merupakan hasil serapan panen selama beberapa minggu terakhir.

“Setelah berminggu-minggu semua Direksi Bulog turun ke sawah untuk memantau dan memastikan penyerapan produksi petani dalam negeri, per hari ini stok beras Bulog sudah tembus satu juta ton”, kata Budi Waseso dalam keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Senin (29/3).

Buwas menjelaskan, realisasi penyerapan yang dilakukan hingga akhir Maret tahun ini lebih tinggi dibandingkan dengan dua tahun sebelumnya.

Mantan Kabareskrim itu menyebutkan, hingga 26 Maret ini Bulog sudah menyerap sebanyak lebih dari 180 ribu ton setara beras produksi dalam negeri dari seluruh Indonesia.

Buwas mengatakan, serapan harian Bulog tahun ini rata-rata sudah mencapai 10 ribu ton per hari.

Angka ini, menurut dia, cenderung meningkat lagi dalam beberapa minggu ke depan. Dia pun mempertanyakan anggapan Bulog tidak mampu menyerap gabah hasil panen.

"Mari bicara pakai data dan menggunakan pola berpikir system thinking bukan fatalistis. Jadi melihat suatu persoalan itu harus secara menyelruh dan saling terkait. Jangan jumping conclusion,” ujar dia.

Direktur Utama Perum Badan Urusan Logistik (Bulog) Budi Waseso (Buwas) menyatakan, Cadangan Beras Pemerintah (CBP) mencapai satu juta ton.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News