Buwas: Penindakan Harus Mulai dari Hulu

Buwas: Penindakan Harus Mulai dari Hulu
Kepala BNN Komjen Pol. Budi Waseso (uwas). FOTO: JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN), Komjen Polisi Budi Waseso (Buwas) menegaskan bahwa penindakan narkoba harus dilakukan dari hulu ke hilir. Penindakannya, kata Buwas, harus dilakukan massif.

“Harus proaktif dan agresif menangani masalah ini secara bersama-sama,” tegas Buwas di Mapolda Metro Jaya, Rabu (9/9) pada acara pengungkapan rilis Jajaran Polda Metro Jayadalam Operasi Nila Jaya untuk membongkar sindikat jaringan internasional selama dua pekan terakhir ini.

Dalam kesempatan itu, Direktur Reserse Narkotika Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Eko Daniyanto, menyampaikan bahwa Jajaran Polda Metro Jaya berhasil membongkar sindikat jaringan internasional. Ratusan kilogram sabu-sabu dan ribuan butir ekstasi berhasil diamankan dalam Operasi Nila Jaya yang berlangsung selama dua pekan terakhir.

Menurut Eko, operasi tersebut menemukan bahwa ada warga China dan Nigeria yang berperan mengatur penyelundupan narkoba ke Indonesia. Sedangkan WNI, bertugas membawa barang haram tersebut. Mereka menyelundupkan barang melalui paket ekspedisi lewat jalur laut.

Eko menambahkan, modus operandinya adalah pelaku menyamarkan barang-barang itu dengan memasukkan ‎ke dalam tas perempuan, sandal perempuan, dan paralon plastik padat. ‎Kemudian ada yang dimasukkan ke dalam termos, aki kering, subwover, tabung teko dan lainnya.

“Barang itu masuk dari luar melalui Dumai-Riau,Medan-Sumatera Utara,” kata Eko.(boy/jpnn)


JAKARTA - Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN), Komjen Polisi Budi Waseso (Buwas) menegaskan bahwa penindakan narkoba harus dilakukan dari hulu


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News