Byar Pet di Lombok Berakhir

Byar Pet di Lombok Berakhir
Byar Pet di Lombok Berakhir
JAKARTA -- Pemadaman bergilir di pulau Lombok resmi berakhir pada tanggal 30 Juni 2010 lalu. Hal ini sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan manajemen PT PLN (Persero) beberapa bulan sebelumnya, dimana pemadaman bergilir di seluruh Indonesia harus sudah selesai paling lambat 30 Juni 2010. Berakhirnya pemadaman bergilir di Lombok menandai berakhirnya pemadaman bergilir di seluruh Indonesia.

Lombok menjadi daerah terakhir yang menyelesaikan pemadaman bergilir dibanding daerah-daerah lain di Indonesia. Hal ini karena permasalahan di Lombok cukup komplek dan kekurangan dayanya cukup besar. Sebelumnya, dari beban puncak 110 MW Lombok mengalami defisit sekitar 40 MW.

"Defisit daya listrik ini teratasi dengan berbagai upaya seperti recovery mesin pembangkit, sewa mesin dan meminta bantuan captive power." kata General Manager PLN Wilayah Nusa Tenggara Barat (NTB) Purwanto Panambang, dalam keterangan persnya yang diterima JPNN, Rabu (7/7).

Perbaikan dua unit mesin PLTD menghasilkan tambahan 10 MW. Dengan sewa mesin PLTD mendapatkan tambahan 26 MW. Disamping itu di Lombok terdapat potensi captive power sebesar 8 MW yang siap beropewrasi pada waktu beban puncak untuk memperkuat suplai listrik PLN. "Dengan demikian maka defisit daya teratasi, meski kondisinya masih sangat pas pasan" lanjut Purwanto.

JAKARTA -- Pemadaman bergilir di pulau Lombok resmi berakhir pada tanggal 30 Juni 2010 lalu. Hal ini sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan manajemen

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News