Jumat, 16 November 2018 – 06:55 WIB

BYTe Tinggalkan Ide Cemerlang Buat Sembulang Batam

Jumat, 09 November 2018 – 21:18 WIB
BYTe Tinggalkan Ide Cemerlang Buat Sembulang Batam - JPNN.COM

jpnn.com, BATAM - Sociopreneur Indonesia didukung oleh Elexmedia Komputindo mengadakan Bootcamp for Young Technopreneur (BYTe) sebagai puncak dari rangkaian acara Empathy Project 2018 di Desa Sembulang, Batam akhir pekan lalu.

BYTe melibatkan multi stakeholder seperti kelurahan Sembulang, tiga UMKM kuliner di Desa Sembulang, warga Desa Sembulang, dan 30 peserta BYTe dari seluruh Indonesia. Tema yang diusung pada BYTe kali ini adalah Sustainable Tourism.

Tema ini diangkat berdasarkan kondisi dan potensi dari Desa Sembulang yang sudah siap untuk menjadi desa wisata.

Pemilihan peserta BYTe pun juga sudah melalui beberapa tahapan seperti submission online yang dilaksanakan dari tanggal 5 September hingga 5 Oktober 2018. Submission online ini berhasil mengumpulkan lebih dari 300 aplikasi dari siswa SMA/MA sederajat, mahasiswa/i dan sarjana (S1).

Selanjutnya, aplikasi tersebut diseleksi hingga menjadi 30 aplikasi terpilih yang berhak mendapatkan beasiswa bootcamp selama empat hari tiga malam di Desa Sembulang, Batam.

Ke-30 peserta terpilih tersebut mendapatkan bootcamp dengan metode intensive experiential learning yang melibatkan mereka langsung dengan kondisi real di lapangan. Selama berada di Desa Sembulang, peserta terpilih menginap di rumah warga dan langsung mengobservasi permasalahan apa yang dirasakan oleh warga dan mencari solusi sesuai dengan tema yang diusung.

Di hari pertama, terdapat sesi “Aku dan Lingkunganku” yang mengajak peserta untuk mengobservasi lingkungan yang ada di sekitar mereka. Dilanjutkan dengan sesi “Lingkungan Idealku” yang dipandu oleh direktur eksekutif Sociopreneur Indonesia, Dessy Aliandrina, sebagai pemateri dengan membawakan “Design Thinking and Design Ethnography”.

Di hari kedua peserta dipandu oleh direktur manajemen Sociopreneur Indonesia, Heru Wijayanto, dalam sesi “Mari Bekerja”. Pada sesi ini peserta dengan kelompoknya masing-masing dibagi untuk mengunjungi beberapa UMKM kuliner yang ada di Desa Sembulang.

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar