Cak Imin Beri Solusi, Panen Petani di Tambelang Meningkat

Cak Imin Beri Solusi, Panen Petani di Tambelang Meningkat
Suasana panen padi di wilayah kampung Tenjo Laut, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Foto: istimewa

jpnn.com, BEKASI - Petani padi di kampung Tenjo Laut, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, sempat resah luar biasa. Penyebabnya, hasil panen petani hanya mendapatkan 30 persen dari total produksi di tahun 2017, Itu karena lahan mereka terkena Hama Wereng Batang Coklat (WBC).

Tapi, kini kondisi itu sudah teratasi.

Adalah sosok Muhaimin Iskandar (Cak Imin) selaku Pembina Gerbang Tani dan juga Wakil Ketua MPR-RI yang menugaskan agar permasalahan itu bisa segera tertangani.

Dia memberikan tugas kepada Daniel Johan, wakil ketua Komisi IV DPR RI untuk mencari solusi.

"Cak Imin sebagai Pembina Gerbang Tani memerintahkan saya untuk bisa mencarikan solusi agar petani bisa mengatasi kerugian akibat serangan hama," ungkap Daniel Johan pada saat memberikan sambutan di acara panen perdana pada hari selasa (10/4) di Kampung Tenjo Laut, Kecamatan Tambelang, Kabupaten Bekasi

Karena dia berasal dari partai yang sama dengan Imin, dan juga wakil FPKB di komisi IV yang membidangi pertanian, Daniel pun langsung mencarikan solusi terkait masalah tersebut. Upayanya ternyata bak gayung bersambut terutama dari berbagai pihak yang konsen terhadap masalah pertanian.

"Saya meminta agar dilakukan percobaan di lokasi yang terkena dampak serius. Jika berhasil maka ke depan saya akan dorong menjadi program percontohan di Kementrian Pertanian," terangnya.

Acara panen ini merupakan puncak acara dari rangkaian edukasi dan demoplot yang dilakukan Asosiasi Bio-Agro Input Indonesia (ABI) dengan tema 'Penerapan budidaya tanaman sehat dengan mengedepankan penggunaan produk-produk pupuk dan insektisida organik serta mengurangi penggunaan produk kimiawi'.

Petani padi di kampung Tenjo Laut, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, sempat resah luar biasa.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News