JPNN.com

Cak Machfud Pastikan Tak Akan Ada lagi Kawasan Pergudangan di Tengah Surabaya

Rabu, 25 November 2020 – 18:22 WIB
Cak Machfud Pastikan Tak Akan Ada lagi Kawasan Pergudangan di Tengah Surabaya - JPNN.com
Calon Wali Kota Surabaya Machfud Arifin saat diskusi daring dengan masyarakat logistik di Surabaya. Foto: Antara/HO-Media Center Machfud-Mujiaman

jpnn.com, SURABAYA - Calon Wali Kota Surabaya Nomor Urut 02 Machfud Arifin memastikan ke depan tidak ada lagi kawasan pergudangan dan bongkar muat di tengah Kota Surabaya, Jawa Timur.

"Ke depan harus membangun kawasan pergudangan di lokasi yang tepat, tidak boleh lagi kawasan pergudangan dan bongkar muat di tengah kota," kata Machfud dalam diskusi daring dengan masyarakat logistik di Surabaya, Rabu.

Machfud mencontohkan, kawasan kota tua di Kembang Jepun. Itu adalah salah satu pusat perdagangan dan pergudangan.

Truk-truk besar setiap hari bongkar muat di sana. Omzetnya setiap bulan diperkirakan triliunan rupiah.

"Ke depan akan di tata, dengan teknologi yang ada sekarang, gudang tidak perlu di tengah kota, bisa di pinggir di lokasi yang ditentukan. Kawasan tengah seperti Kembang Jepun tetap jadi tempat bisnis, sekaligus destinasi wisata yang tidak macet," katanya.

Menurut dia, Kota Surabaya yang semakin padat dan maju, ke depan harus benar-benar dibangun dengan perencanaan yang matang. Setiap ruang yang ada dimaksimalkan untuk kemajuan dan kemakmuran warga.

Selain itu, lanjut dia, Kota Surabaya juga harus mempersiapkan rencana perpindahan Ibu Kota Indonesia dari Jakarta ke Kalimantan Timur. "Surabaya adalah kota penghubung. Bisa jadi tumpuan Indonesia timur," katanya.

Dia mencontohkan, selama ini Surabaya menjadi tempat transit perdagangan dari kawasan timur ke barat Indonesia. Demikian halnya produk-produk dari luar negeri.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...