Calon dari Kejaksaan dan Kepolisian Belum Pantas Pimpin KPK

Bambang Widjojanto dan Abdullah Hehamahua Diunggulkan

Calon dari Kejaksaan dan Kepolisian Belum Pantas Pimpin KPK
Calon dari Kejaksaan dan Kepolisian Belum Pantas Pimpin KPK
JAKARTA - Calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dari unsur kejaksaan dan kepolisian yang ikut dalam seleksi pimpinan KPK dinilai belum pantas menduduki kursi pimpinan lembaga superbody tersebut. Pengamat Politik Universitas Paramadina Jakarta, Herdi Sahrasad, menyatakan bahwa selama ini publik masih meragukan kinerja kejaksaan maupun kepolisian.

"Sebaiknya mereka tahu diri, karena masyarakat belum memberi kepercayaan. Kalau Indonesia berdiri di atas ketidakpercayaan, bisa gawat," kata Herdi Sahrasad usai diskusi di Rumah Perubahan 2.0, Jakarta, Kamis (29/9).

Karenanya Herdi menilai, Bambang Widjojanto dan Abdullah Hehamahua merupakan figur terbaik dari delapan calon pimpinan KPK yang sudah diserahkan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono kepada Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). "Mereka (Bambang dan Abdullah) amanah, dari rekam jejaknya berintegritas dan jujur," ujarnya.

Hanya saja, ata Herdi, kapasitas Bambang dan Abdulla masih harus diuji lagi jika nantinya diberi kepercayaan memimpin lembaga pemberantasan korupsi tersebut. "Mereka nantinya harus berani menyatakan kebenaran dan memeriksa pihak-pihak yang diduga terlibat korupsi tanpa tebang pilih," tandas Herdi.

JAKARTA - Calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dari unsur kejaksaan dan kepolisian yang ikut dalam seleksi pimpinan KPK dinilai belum

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News