JPNN.com

Calon Independen Hanya Satu yang Menang

Rabu, 11 Agustus 2010 – 14:29 WIB Calon Independen Hanya Satu yang Menang - JPNN.com
JAKARTA -- Dari sekitar 160-an pemilukada yang sudah digelar pada 2010 ini, hanya di satu daerah saja yang dimenangkan oleh calon perseorangan atau calon independen. Yakni di pemilukada Kabupaten Sidoardjo yang dimenangkan pasangan Saifullah-MG Hadi Sutjipto. Padahal, ada 57 pasangan calon perseorangan yang maju di 160-an pemilukada itu. Data ini berdasar hasil evaluasi pemilukada yang dilakukan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).

Dimintai tanggapan atas data tersebut, pengamat politik dari Charta Politika, Yunarto Wijaya, mengatakan, dibandingkan dengan calon yang diusung dari partai, calon perseorangan memang kalah modal. Untuk bisa menang, lanjutnya, calon harus punya dua modal. Pertama, modal jaringan atau mesin penggerak massa. Kedua, modal kekuatan kandidat, yang biasanya berupa uang.

"Nah, calon perseorangan itu hanya memiliki satu modal saja. Dia tak punya modal jaringan sehingga jangkauan politiknya terbatas," ujar Yunarto, Rabu (11/8). Bahkan, dari segi dana, calon yang diusung partai juga sulit ditandingi. Alasannya, jalur partai juga bisa dimanfaatkan untuk menjaring dana. Si penyumbang juga lebih senang memberikan sumbangan ke calon yang diusung partai, karena selain kandidat, partai juga akan merasa punya utang budi.

Pengamat politik UIN Syarif Hidayatullah, Andi Syafrani, juga memberikan analisis yang sama. Bahwa calon yang diusung partai sangat terbantu dengan jaringan struktur partai yang ada hingga tingkat bawah. Mesin partai ini memudahkan memobilisasi massa pendukung. (sam/jpnn)

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...