Calon Panglima Nilai Polisi Masih Mampu Atasi

Terkait Kasus Hamparan Perak

Calon Panglima Nilai Polisi Masih Mampu Atasi
Calon Panglima Nilai Polisi Masih Mampu Atasi
JAKARTA - Calon Panglima TNI, Laksamana TNI Agus Suhartono menilai pihak kepolisian masih sanggup menguasai situasi ketertiban dan keamanan masyarakat secara menyeluruh. "Karena itu, wajar jika Kapolri hingga kini belum memerlukan bantuan TNI menangani berbagai tindakan kriminal yang terduga dilakukan oleh pihak-pihak teroris," kata Laksama TNI Agus Suhartono, dalam acara fit and proper test dirinya untuk jadi Panglima TNI, di ruang rapat Komisi I DPR, Senayan Jakarta, Kamis (23/9).

Walaupun demikian, Agus Suhartono pun menganggap situasi ketertiban dan keamanan masyarakat saat ini relatif terganggu dengan berbagai aksi tindakan kriminal yang menjurus teror. "Kondisinya memang mendekati kritis, tapi pihak kepolisian mungkin merasa masih bisa mengatasinya. Kalau dimintakan, tentu wajib hukumnya bagi TNI untuk membantu polisi," kata Agus Suhartono.

Penilaian calon Panglima TNI yang menyebut polisi masih mampu mengatasi keaadan, dibantah oleh Anggota Komisi I DPR Max Sopacua. Menurut Max, sesungguhnya polisi tidak mampu lagi menghadapinya karena dari waktu-waktu eskalasi tindakan kriminal yang diduga dilakukan oleh pihak teroris semakin terbuka.

"Kalau situasi ini dibiarkan berlarut-larut dan polisi terus mengedepankan Densus 88 dalam menghadapi teroris, jelas ini sangat tidak baik karena operasi Densus 88 identik dengan tindak kekerasan kontra kekerasan. Dunia usaha dan barangkali masyarakat tidak menyukai tindak kekerasan itu terus-menerus terjadi," ungkap Max, dari Fraksi Partai Demokrat ini.

JAKARTA - Calon Panglima TNI, Laksamana TNI Agus Suhartono menilai pihak kepolisian masih sanggup menguasai situasi ketertiban dan keamanan masyarakat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News