Calon PDIP Dituding Curang di Pemilukada Wakatobi

Calon PDIP Dituding Curang di Pemilukada Wakatobi
Calon PDIP Dituding Curang di Pemilukada Wakatobi
WANGIWANGI - Penghitungan cepat Indo Barometer yang menempatkan pasangan yang diusung PDIP, Hugua-Arhawi (Surgawi) menjadi pemenang Pilkada Wakatobi sudah tersebar luas di daerah itu. Tentu saja, para pesaing pasangan ini tidak menerima keunggulan tersebut karena dinilai ada kecurangan tersistematis yang dilakukan pasangan nomor 5 itu hingga bias meraup suara banyak saat pemungutan suara.

Ediarto Rusmin, calon bupati Wakatobi mengungkapkan, keunggulan Surgawi penuh kecurangan, mulai dari intimidasi yang melibatkan pejabat daerah lingkup Pemkab Wakatobi, kemudian money politic dan penggelembungan suara di sejumlah TPS. Pihak Ediarto akan melakukan proses hukum, sembari mengumpulkan data, karena saat ini masyarakat terus melaporkan kecurangan itu, berikut barang buktinya.

"Masyarakat yang menemukan pelanggaran itu, sudah membuat pernyataan mengenai pelanggaran itu. Kami akan menggugat secara hukum, atas pelanggaran SURGAWI," kata Ediarto saat ditemui di Posko Pemenangannya di Kelurahan Mandati.

Apa yang disampaikan Ediarto juga senada dengan calon bupati Wakatobi lainnya, La Ode Bawangi. Dua hari lalu, ia berkeliling Pulau Wanci memimpin massanya melakukan pawai. Ia pun menyampaikan keberatannya atas hasil Pilkada Wakatobi yang dianggapnya penuh dengan kecurangan yang vulgar.

WANGIWANGI - Penghitungan cepat Indo Barometer yang menempatkan pasangan yang diusung PDIP, Hugua-Arhawi (Surgawi) menjadi pemenang Pilkada Wakatobi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News