Calon Pengusaha Harus Tahu Strategi dan Konsep Bisnis Agar Proyek tak Mangkrak

Calon Pengusaha Harus Tahu Strategi dan Konsep Bisnis Agar Proyek tak Mangkrak
Bisnis properti saat ini. Ilustrasi perumahan: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Para calon pengusaha properti diajak untuk mencermati pentingnya menyiapkan strategi dan konsep bisnis agar proyek tidak mangkrak.

Hal ini disampaikan Founder AKN Group dalam dalam webinar Tuan Tanah Talk: Strategi Penting bagi Developer dan Peluang Bisnis Property 2023, yang digelar Greatedu, pada Minggu (5/2).

“Calon pengusaha properti harus mengetahui risiko yang ada agar tidak asal dan menerabas. Selain itu, harus bisa menyusun strategi yang tepat,” ujar Andy Natanael.

Dia menambahkan, pelaku properti harus mengetahui cash flow, bagaimana perhitungan cash in dan cash out harus berimbang, business plan harus ada.

Di sisi lain, tambah dia, para pengusaha diajak tidak lengah saat memasuki bisnis properti sekalipun pascapandemi Covid-19 saat ini.

“Pengusaha tidak boleh lengah. Tantangan bisnis properti masih tinggi. Apalagi pascapandemi, banyak pengusaha yang gagal setelah memasuki dunia properti," ujar Andy.

Agar tidak gagal, para calon pengusaha properti perlu membekali diri dengan pengetahuan. Banyak developer mengalami kegagalan karena kurang persiapan soal pengetahuan.

"Kita tidak bisa terjun dalam bisnis properti tanpa ada pengetahuan. Makanya perlu adanya pembelajaran," tuturnya.

Para pengusaha diajak tidak lengah saat memasuki bisnis properti sekalipun pascapandemi Covid-19 saat ini.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News