Canangkan Desa Pinter di Perbatasan

Canangkan Desa Pinter di Perbatasan
Canangkan Desa Pinter di Perbatasan
TARAKAN – Pemerintah makin bertindak nyata dalam mengatasi masalah perbatasan. Terutama untuk perbatasan Indonesia-Malaysia. Menteri Komunikasi dan Informasi (Menkominfo) Muhammad Nuh misalnya, menjanjikan sistem informasi safety belt. Informasi pengaman ini, merupakan program khusus untuk wilayah perbatasan di seluruh Indonesia.Program ini secara garis besar menggunakan informasi sebagai jaringan dan pembentuk keutuhan sabuk pengamanan bagi wilayah di perbatasan. Tentunya dengan menyebarluaskan informasi-informasi nasional melalui berbagai media massa yang ada di Indonesia. Salah satunya adalah tayangan televisi nasional atau TVRI. Stasiun pemancar TVRI kini sudah banyak didirikan di berbagai daerah. Yang teranyar, adalah di Kabupaten Nunukan.

“Tidak hanya TVRI yang hari ini kita resmikan, tapi juga TV-TV nasional yang lain, itu juga akan masuk kesitu dengan memanfaatkan TV berbayar, grupnya Indovision. Kalau masuk ke Indovision, maka itu kan bisa TV apa saja,” jelas Muhammad Nuh kepada wartawan JPNN di Kaltim.

Di samping televisi, Depkominfo juga telah meresmikan pendirian beberapa stasiun pemancar radio dan program berbasis media komunikasi lainnya seperti Desa Berdering, Telepon Pedesaan dan Internet Pedesaan. Satu yang terakhir, dikenal luas dengan program Desa Pinter atau Desa Punya Internet.

“Desa Pinter baru akan diresmikan sebagian. Dan, dari sekian ratus desa, Alhamdulillah sudah ada yang rampung. Termasuk di Kaltim, mudah-mudahan tahun ini sudah rampung semua,” ungkap Menkominfo Muhammad Nuh.Di Kaltim, ada sekitar 1.800 desa yang tersasar pada program ini, di mana 800 di antaranya merupakan desa yang belum terkoneksi dengan jaringan telepon selular, termasuk internet.

Nuh mengharapkan, tahun ini 800 desa tersebut sudah terpasang jaringan internet, telepon dan lainnya.

TARAKAN – Pemerintah makin bertindak nyata dalam mengatasi masalah perbatasan. Terutama untuk perbatasan Indonesia-Malaysia. Menteri Komunikasi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News