Capem BCA di Palembang Dibobol Rampok

Capem BCA di Palembang Dibobol Rampok
Dinding yang dibolongi kawanan perampok untuk masuk ke kantor BCA.
PALEMBANG - Bank Central Asia (BCA) Kantor Cabang Pembantu Kenten yang terletak di Ruko berlantai tiga Jl MP Mangkunegara, No.016, RT01/01, Kelurahan Bukit Sangkal, Kecamatan Kalidoni Palembang, dibobol kawanan rampok, Minggu (21/9) sekitar pukul 08.00 WIB. Sejumlah saksi mata menyebut pelakunya lebih dari lima orang.

Diduga kawanan rampok melakukan aksinya beberapa jam sebelum Subuh. Namun karena kehabisan waktu alias kesiangan, pelaku hanya berhasil membawa dua unit CPU komputer dan tidak berhasil membawa uang yang berada di dua unit Anjungan Tunai Mandiri (ATM) yang lebih dulu dirusak.

Dari penelusuran aparat di TKP, pelaku sebelumnya berhasil masuk melalui pagar tembok setinggi 2 meter, kemudian pelaku merusak pintu belakang ruko sebelah kantor Bank BCA. Pelaku berhasil masuk setelah membobol dinding ruko yang belum ada penghuninya tersebut menggunakan linggis dan alat pukul berat berupa godam yang tepat berada di sebelah kanan ruko Bank BCA.

Setelah membuat jalan tikus dengan cara melobangi dinding lalu masuk ke ruang pembantas antara mesin ATM dengan ruang costumer service, pelaku berhasil masuk ke ruang lima mesin ATM yang terdiri dari tiga mesin ATM untuk transaksi dengan pecahan Rp50 ribu, satu mesin ATM untuk setoran tunai dan satu masin ATM untuk M-Banking ini setelah membuat lubang 50x50 meter untuk masuk. Di tempat ini diduga pelaku berbagi tugas, ini terlihat dua buah mesin ATM bagian depannya sudah dirusak menggunakan mesin las karbit.

Sebagian pelaku lagi, mengacak-acak meja dan ruangan costumer servce bagian depan, lalu sebagian pelaku naik ke lantai dua ruang kasir. Di ruang kasir ini pelaku tidak berhasil menemukan apa-apa. Pelaku hanya membongkar satu buah berangkas yang berisi sejumlah kartu ATM-ATM dan pelaku tidak tahu keberadaan berangkas yang berisikan uang tunai. Diduga pihak bank telah melakukan tutup buku pada hari Jumat (19/9) lalu.

Setelah melakukan identifikasi dari Poltabes Palembang dan jajaran Polsekta Kalidoni, polisi berhasil mengamankan barang bukti yang ditinggalkan oleh pelaku berupa linggis besar, tiga buah kapak, dua buah obeng besar, pahat besar dan kecil, kunci Tang, sarung tangan, dongkrak mobil berserta besi pengungkitnya, tabung gas elpiji ukuran 12 Kg dan tabung gas oksigen ukuran 5 KG, selang las, lempengan potongan seng pintu rolling dor, besi As roda, lakban, topi, ember dan dayung plastic, kotak penyimpanan uang. Kini barang bukti tersebut telah diamankan di Poltabes Palembang untuk penyelidikan lebih lanjut.

Kapolsek Kalidoni Ipda Daryani didampingi Kanit Reskrim Apitu Robian S mengatakan, pelaku diduga lebih dari dua orang ini berhasil masuk setelah membobol pintu belakang ruko yang bersebelahan dengan kantor BCA.

"Hingga saat ini nilai uang yang hilang belum diketahui secara pasti. Diketahui pertama kali oleh seorang nasabah bank yang ingin mengambil uang di ATM yang berada di depan kantor bank. Pelaku juga ingin membawa brangkas dari masin ATM, namun tidak jadi diduga kehabisan waktu. Pelaku berhasil masuk dengan cara membobol ruko di sebelah yang belum ada penghuninya.

PALEMBANG - Bank Central Asia (BCA) Kantor Cabang Pembantu Kenten yang terletak di Ruko berlantai tiga Jl MP Mangkunegara, No.016, RT01/01, Kelurahan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News