Cara Aman Makan Bakmi Bagi Penderita Diabetes

Cara Aman Makan Bakmi Bagi Penderita Diabetes
Bakmi. Foto: Hellosehat

jpnn.com, JAKARTA - Bagi sebagian orang yang menderita diabetes cenderung menghindari makan bakmi karena takut gula darahnya naik. Sebab, bakmi merupakan salah satu makanan pokok yang berasal dari golongan biji-bijian yang mengandung tinggi karbohidrat.

Tidak ada larangan bagi diabetesi memakan bakmi. Namun ada beberapa aturan penting yang harus dilakukan agar bisa makan bakmi dengan lebih sehat. Yang terpenting adalah gula darah Anda tidak akan cepat naik.

Mau tahu bagaimana caranya?  Yuk, ikuti langkah-langkah berikut seperti dilansir dari laman Hellosehat.

1. Pilih bakmi yang mengandung serat tinggi

Pilih mi yang terbuat dari gandum utuh, tepung beras merah, tepung quinoa mengandung tinggi serat yang dapat membantu memperlambat kerja sistem pencernaan. Alhasil, Anda jadi lebih cepat kenyang dan terhindar dari kalap makan.

2. Perbanyak sayur

Ketimbang memasak bakmi goreng, sajikan bakmi rebus yang lebih aman untuk kesehatan. Jangan lupa tambahkan sayuran dan makanan padat nutrisi lainnya untuk membantu mengendalikan gula darah. Anda bisa menambahkan potongan daging ayam, sawi, dan minyak zaitun. Selain rasanya lebih enak dan sehat, tubuh Anda akan lebih berenergi tanpa membuat gula darah naik.

3. Batasi porsi makan

Ada beberapa aturan penting yang harus dilakukan para diabetesi agar bisa makan bakmi dengan lebih sehat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News