Cara Amerika Perangi Kegemukan dengan Label Makanan

Cara Amerika Perangi Kegemukan dengan Label Makanan
Ilustrasi. FOTO: getty images

jpnn.com - WASHINGTON - Masalah kegemukan memang menjadi perhatian khusus Ibu Negara Amerika Serikat Michelle Obama. Nah, kini dia bersama Badan Pengawas obat dan makanan (FDA) AS mengumumkan akan ada kebijakan baru terkait pencantuman lebel pada makanan kemasan.

Kebijakan anyar itu adalah: makanan kemasan yang beredar harus mencantumkan label tentang kandungan kalori dan gula tambahan yang terkandung di dalamnya. Bahkan, di situ itu juga harus dituliskan berapa sebenarnya gula yang realistis dikonsumsi dalam makanan itu.

Nah, itu semua harus dicantumkan dalam font tebal dan jelas. 

Pelebelan tersebut adalah sebagai bentuk "perang" pemerintah AS terhadap kegemukan warganya. Ya, salah satu penggas kebijakan itu adalah sang ibu negara itu yang sebelumnya terkenal dengan gerakan "Lets Move". 

Dengan begitu, para konsumen di AS sebelum membeli makanan kemasan bisa mengetahui dengan jelas asupan apa saja yang akan dia masukkan ke dalam tubuh. Terutama asupan yang berdampak buruk pada berat badan.

"Label itu untuk membantu memberikan informasi kepada konsumen dalam memilih dan membeli makanan," kata Michelle Obama seperti dikutip AFP Kamis (27/2). 

Kata dia, cara itu juga berguna untuk menghemat keuangan masyarakat karena mereka akan terhindar dari penyakit kronis karena mengkonsumsi makanan sehat. "Ini adalah keputusan yang besar," imbuhnya. 

Keputusan ini memang belum dipastikan. Saat ini draft kebijakan ini masih dalam pembahasan di Gedung Putih. (mas/jpnn) 

WASHINGTON - Masalah kegemukan memang menjadi perhatian khusus Ibu Negara Amerika Serikat Michelle Obama. Nah, kini dia bersama Badan Pengawas obat


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News