Jumat, 20 April 2018 – 19:37 WIB

Cara Baru Hitung Nilai SBMPTN 2018, Soal Susah Bobot 1

Kamis, 12 April 2018 – 00:05 WIB
Cara Baru Hitung Nilai SBMPTN 2018, Soal Susah Bobot 1 - JPNN.COM

Ilustrasi SBMPTN. Foto: pojoksatu

jpnn.com, JAKARTA - Dirjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemenristekdikti Intan Ahmad mengatakan, perubahan sistem penilaian hasil ujian SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) 2018 telah melalui kajian mendalam.

Nantinya, penilaian terhadap jawaban SBMPTN 2018 tidak lagi menggunakan skor 4 untuk jawaban benar, skor 0 untuk yang tidak menjawab dan skor negatif (-1) untuk jawaban yang salah.

Dia mengatakan dengan sistem yang ada selama ini, bisa menghasilkan banyak kandidat dengan jumlah skor yang sama. Tetapi dengan skema baru ini, kecil kemungkinan adanya peserta SBMPTN dengan nilai yang sama.

Di dalam skema baru perhitungan SBMPTN ditetapkan bahwa seluruh jawaban akan dikumpulkan secara nasional. Untuk setiap butir soal ujiannya.

Nanti panitia menganalisa soal tersebut. Misalnya untuk butir soal ujian nomor 10 secara nasional banyak yang menjawab salah, berarti soal tersebut kategori susah. Sehinga bobotnya 1.

Sementara untuk butir soal nomor 15 secara nasional banyak yang menjawab benar, berarti itu soal yang gampang. Sehingga bobotnya kurang dari 1 tetapi tidak sampai minus.

Dengan cara tersebut, Intan mengatakan sebuah soal dikatakan sulit atau mudah bukan dari kacamata si pembuatnya. Tetapi dari kacamata siswa peserta SBMPTN seluruh Indonesia. Dia mengatakan skema baru ini merupakan salah satu perbaikan pelaksanaan SBMPTN. (wan)

 

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar