Cara Mendapatkan Tidur yang Berkualitas

Cara Mendapatkan Tidur yang Berkualitas
Ilustrasi sedang tidur. Foto : Pixabay

jpnn.com - Tidur merupakan cara terbaik untuk memulihkan kondisi tubuh untuk memulai beraktifitas seharian. Sayangnya, tidak semua orang bisa dengan mudah bisa terlelap atau tidur nyenyak 7-8 jam.

Berbagai cara bahkan kerap dilakukan supaya bisa mendapatkan tidur yang nyenyak.

Lalu bagaimana cara mendapatkan tidur yang berkualitas?

Agar mudah tidur dan terus tidur tanpa terjaga hingga esok pagi sehingga Anda bisa mendapatkan tidur berkualitas, ada beberapa cara yang bisa Anda tempuh. Beberapa   cara di bawah ini bisa Anda lakukan:

  • Batasi konsumsi kafein – baik dari makanan maupun minuman – dan hindari konsumsinya 4 jam sebelum tidur. Efek langsung kafein adalah menyulitkan Anda untuk memulai tidur, sehingga tidur Anda tidak akan “sedalam” yang seharusnya.
  • Diet yang sehat dan seimbang dapat meningkatkan kadar energi dan tidur. Mengonsumsi makan berat pada waktu yang sama tiap harinya akan membantu jam tubuh tetap stabil.
  • Kosongkan 2-3 jam antara makan berat dengan waktu tidur. Camilan ringan sebelum tidur tidak akan memengaruhi kualitas tidur jika Anda memang benar-benar membutuhkannya.

Jika punya kebiasaan mengonsumsi kafein, nikotin, maupun alkohol, bijaklah dalam mengonsumsinya agar tidak mengganggu tidur Anda. Selain itu akan lebih baik jika Anda bisa menghentikan kebiasaan minum alkohol dan merokok. Dengan cara ini, kualitas tidur dan kesehatan Anda pun bisa terjaga. (RN/RVS/klikdokter)

Sayangnya, tidak semua orang bisa dengan mudah bisa terlelap atau tidur nyenyak 7-8 jam.


Redaktur & Reporter : Yessy

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News