Cara Mengatasi Mata Kering

Cara Mengatasi Mata Kering
Cara Mengatasi Mata Kering

jpnn.com - PEKERJA kantoran yang sering berada di dalam ruangan, risiko mata kering sangat mungkin terjadi. Kondisi ini muncul akibat terlalu banyak terkena angin dari pendingin ruangan, dan terlalu lama bekerja di depan layar komputer. Bagaimanakah cara mengatasinya?

Berdasarkan studi yang telah dipublikasikan dalam jurnal Cornea, mata kering saat sedang bekerja di kantor bahkan dapat mempengaruhi suasana hati anda. Oleh karena itu, ada baiknya untuk segera mengatasi kondisi ini jika anda mengalaminya.

Dalam studi ini, para peneliti menguji produksi air mata dari 12 orang dewasa sehat. Mereka diteliti dalam dua lingkungan yang berbeda. Kelompok pertama berada di lingkungan dengan tingkat kelembaban 40 persen, sedangkan kelompok kedua berada di lingkungan dengan tingkat kelembaban 5 persen. Lingkungan pada kelompok kedua dirancang untuk meniru kabin pesawat dan ruang kantor ber-AC. Dalam waktu satu jam, peserta di lingkungan kedua lebih banyak yang mengalami mata kering dan gatal.

" Gejala lain dari sindrom mata kering antara lain iritasi, rasa terbakar, mata merah, penglihatan kabur, dan perasaan seperti ada sesuatu yang bersarang di mata anda. Jika tidak diobati, sindrom ini dapat menyebabkan infeksi mata dan kornea jaringan parut," kata asisten profesor dari University of Departemen Oftamologi University of Colorado, Christopher Gelston, MD.

Hembusan angin AC seringkali dijadikan penyebab sindrom mata kering jika anda bekerja di kantor sepanjang hari. Mengapa demikian? Sebab ketika udara bersirkulasi melalui ventilasi atau kipas langit-langit, hal tersebut akan membuat air mata menguap lebih cepat.

Selain itu, penggunaan teknologi juga akan memperparah masalah, misalnya menatap komputer atau layar smartphone. Menatap layar terlalu lama cenderung membuat anda berkedip lebih sedikit, yang berarti air mata akan mengering lebih cepat.

Ingin menjaga mata anda tetap lembab atau menghentikan gatal yang sudah melanda? Cobalah lakukan beberapa trik ini:

1. Makan siang di luar ruang kantor

PEKERJA kantoran yang sering berada di dalam ruangan, risiko mata kering sangat mungkin terjadi. Kondisi ini muncul akibat terlalu banyak terkena

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News