Cara Sederhana Agar Puasa Antikantuk dan Lemas, Simak Nih!

Cara Sederhana Agar Puasa Antikantuk dan Lemas, Simak Nih!
Ilustrasi mengantuk. Foto: Meetdoctor

jpnn.com, JAKARTA - Ahli nutrisi Herbalife Indonesia, Aria Novitasari mengatakan mengatur pola makan saat sahur bisa membantu menekan rasa kantuk dan lemas saat berpuasa.

"Mengantuk saat puasa bisa dihindari dengan mengatur pola makan saat sahur," kata Aria dalam bincang-bincang Ramadhan secara virtual, di Jakarta, Senin.

Dia menjelaskan hindari mengonsumsi karbohidrat sederhana secara berlebihan saat sahur karena lebih cepat dicerna tubuh untuk kemudian menghasilkan energi dalam waktu yang singkat.

"Konsumsi karbohidrat sederhana yang akan membuat tubuh merasa bugar sesaat, tetapi setelah itu pada siang hari menimbulkan rasa mengantuk bahkan lemas," kata Aria.

Rasa mengantuk yang berlebihan di siang hari membuat kurang konsentrasi entah ketika bekerja di kantor atau mengemudi kendaraan.

Bahkan, saat rasa kantuk menyerang saat mengemudi kendaraan, ini sangat berbahaya.

Dia menyarankan saat sahur untuk mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks seperti terdapat pada biji-bijian serta mengombinasikan dengan buah dan sayur.

Sayuran ini bisa dikonsumsi dengan diolah baik itu dalam bentuk tumisan atau kuah/sop, mengingat ada beberapa sayuran yang baru terbentuk nutrisi setelah diolah.

Ahli nutrisi Herbalife Indonesia, Aria Novitasari mengatakan mengatur pola makan saat sahur bisa membantu menekan rasa kantuk dan lemas saat berpuasa.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News