Cari Laba Harus dari Bisnis Utama

Cari Laba Harus dari Bisnis Utama
Cari Laba Harus dari Bisnis Utama
JAKARTA - Badan Usaha Milik Negara (BUMN) harus melakukan terobosan baru untuk meraih laba. Karena selain sebagai agent of depelovment, BUMN juga memiliki misi perseroan untuk meraih untung.  Hanya saja, laba itu baiknya diperoleh dari terobosan bisnis bukan dengan pemanfaatan asset.

Konsultan Transforming Company dari Sentra System, Imanuel Iman di Jakarta, Senin (18/6)mengatakan, beberapa BUMN saat ini rajin mengejar laba maksimal, termasuk  optimalisasi asset. Padahal, menurutnya, laba itu harusnya diperoleh dari main bisnis (bisnis utama) BUMN itu. 

"Kalaupun BUMN diberikan target laba, laba yang diperoleh harus tetap berasal dari main bisnisnya bukan dari kegiatan lain seperti pemanfaatan asset, atau kegiatan lainnya,” katanya.

Lalu bagaimana mengoptimalkan peran BUMN tanpa harus rugi. Menurut Imanuel, Direksi perlu diberikan target yang jelas, yang tidak melulu masalah laba, target yang terukur.  Kemudian direksi harus mempresentasikan program kerjanya. 

JAKARTA - Badan Usaha Milik Negara (BUMN) harus melakukan terobosan baru untuk meraih laba. Karena selain sebagai agent of depelovment, BUMN juga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News