Catat! Ini Jadwal Salat Gerhana di 33 Provinsi dari Kemenag

Catat! Ini Jadwal Salat Gerhana di 33 Provinsi dari Kemenag
Ilustrasi. RADAR MALANG/jpnn.com

jpnn.com - JAKARTA -  Gerhana matahari total akan datang besok, (9/3). Sebagian wilayah di Indonesia akan mengalami penampakan gerhana matahari total yang sempurna. Karena itu, Salat Gerhana pun disunah. Ditjen Bimas Islam Kementerian Agama merilis jadwal salat gerhana.

Menurut mereka, durasi gerhana di 33 provinsi berbeda, dan sesuai dengan perhitungan astronomis di wilayah masing-masing.

“Mengacu pada data astronomis, wilayah Indonesia Bagian Barat  rata-rata dapat menikmati gerhana matahari selama satu hingga dua jam,”  jelas Sekretaris Ditjen Bimas Islam, Muhammadiyah Amin.

Sementara di Wilayah Indonesia Tengah, fenomena langka itu dapat dinikmati selama 2 hingga 2,5 jam. Adapun wilayah Indonesia bagian timur mendapatkan durasi paling lama yaitu selama hampir tiga jam.

Selain itu, Ditjen Bimas Islam juga telah menyiapkan naskah khutbah shalat gerhana yang dapat diunduh untuk digunakan para khatib pada pelaksanaan shalat menyambut fenomena alam tersebut.

Berikut waktu pelaksanaan shalat gerhana di seluruh Indonesia mengacu pada press release Ditjen Bimas Islam:

Aceh, 07:22 WIB -08:27 WIB

Sumatera Utara, 07:21 WIB-08:27 WIB

JAKARTA -  Gerhana matahari total akan datang besok, (9/3). Sebagian wilayah di Indonesia akan mengalami penampakan gerhana matahari total yang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News