Catet Ya, Blok Masela, Rakyat Maluku Harus Diuntungkan

Catet Ya, Blok Masela, Rakyat Maluku Harus Diuntungkan
Migas lepas pantai. Foto: dok. JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Direktur Archipelago Solidarity Foundation‎ Engelina Pattasiana mengusulkan pengembangan blok Masela harus dilakukan di darat. Engelina punya beberapa alasan, mengapa Blok Masela harus dibangun di darat. Salah satunya, jika pengembangan blok dilakukan di lepas pantai, maka akan memicu berbagai konflik antara Indonesia dengan Australia.

"Kalau mau dibangun di lepas pantai, akan berada di perbatasan Indonesia-Australia. Padahal di sana juga ada blok gas yang sama, tapi milik Australia," ujar Engelina di Jakarta, Sabtu (5/3).

Menurutnya, di sekitar wilayah Blok Masela, sebenarnya masih ada cadangan gas lainnya yang memiliki potensi yang lebih besar. Yakni di sekitar palung yang ada di Laut Banda.

Karena itu, jika pengembangan dilakukan di lepas pantai, maka pengawasannya juga akan sulit dilakukan. Terlebih, sebagai aset dan sumber daya alam yang berada di wilayah Maluku, masyarakat juga harus dilibatkan dalam pengawasan tersebut.

"Maluku ini sudah 70 tahun jadi wilayah termiskin di Indonesia, ini sumber daya alam kami, jadi bagaimana caranya harus menguntungkan masyarakat Maluku," tegas Engelina. (chi/jpnn)

 



Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News