CBP-INNA Pasang Target Tingkatkan Kompetensi Perawat hingga Berstandar Internasional

CBP-INNA Pasang Target Tingkatkan Kompetensi Perawat hingga Berstandar Internasional
Tenaga kesehatan (nakes). Foto: Kenny Kurnia Putra/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Badan Sertifikasi PPNI (CBP-INNA) terus berupaya merealisasikan komitmen untuk meningkatkan kompetensi perawat Indonesia.

Ketua CBP-INNA Mustikasari mengatakan pihaknya akan meningkatkan kompetensi perawat tidak hanya di tingkat nasional tetapi juga ke tingkat internasional.

Sebagai salah satu langkah awal dalam upaya menjalankan komitmen tersebut, CBP-INNA mengadakan sosialisasi dengan tema "Dengan SNI ISO/IEC 17024 Menuju Kompetensi Perawat Indonesia yang Diakui Secara Internasional."

CBP-INNA, yang merupakan singkatan dari Certified Body For Person – Indonesia National Nurses Association, adalah lembaga yang didirikan oleh Dewan Pengurus Pusat Persatuan Perawat Indonesia (DPP-PPNI).

Lembaga ini dibentuk pada 18 Maret 2022 dengan tujuan untuk memberikan kredensial dan sertifikasi kepada individu perawat yang memenuhi persyaratan kompetensi khusus dalam melaksanakan praktik keperawatan.

Mustikasari menjelaskan dengan pengakuan kompetensi perawat melalui sertifikasi, CBP-INNA membantu memastikan perawat dapat memberikan pelayanan keperawatan dalam bidang keahliannya sesuai dengan standar profesi, standar pelayanan profesi, standar prosedur operasional, dan etika profesi serta kebutuhan kesehatan masyarakat.

"Sesuai dengan amanat Undang-Undang Kesehatan Nomor 17 Tahun 2023," ucap Mustikasari.

Menurutnya, sertifikasi yang diberikan oleh CBP-INNA merupakan tanda pengakuan dan bukti resmi terhadap kompetensi khusus perawat Indonesia.

Ketua CBP-INNA Mustikasari mengatakan pihaknya akan meningkatkan kompetensi perawat tidak hanya di tingkat nasional tetapi juga ke tingkat internasional.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News