Sabtu, 22 September 2018 – 10:14 WIB

Cegah Abrasi, Lanal Bengkulu Tanam 1.500 Pohon Mangrove

Selasa, 17 April 2018 – 09:10 WIB
Cegah Abrasi, Lanal Bengkulu Tanam 1.500 Pohon Mangrove - JPNN.COM

jpnn.com, BENGKULU - Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Bengkulu bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mukomuko, telah menyiapkan 1.500 bibit mangrove (Rhizophora Mangle). Penanaman pohon mangrove merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-32 Lanal Bengkulu.

Bibit mangrove diserahkan Danlanal Bengkulu, Letkol Laut (P) Agus Izudin kepada Sekretaris Daerah Kabupaten Mukomuko, Syafkani mewakili Bupati Mukomuko Choirul Huda di Mako Lanal Bengkulu, Jalan RE Martadinata Nomor 10 Kelurahan Kandang Kecamatan Kampung Melayu Kota Bengkulu, kemarin. Bibit Mangrove tersebut akan ditanam di wilayah pesisir Kabupaten Mukomuko untuk mencegah abrasi.

Danlanal Bengkulu pada kesempatan tersebut menyampaikan bahwa kegiatan ini tidak hanya dilakukan di Kabupaten Mukomuko, tapi juga diagendakan di seluruh kabupaten pesisir yang ada di Provinsi Bengkulu.

“Saya harap tidak hanya sekadar ditanam, tapi juga dipelihara dan dilestarikan sehingga betul-betul sangat bermanfaat sekaligus mengajak masyarakat memupuk kesadaran dan menanamkan nilai kehidupan akan pentingnya pelestarian lingkungan hidup. Mangrove selain mencegah abrasi juga menjadi tempat hidup biota laut," kata Danlanal Bengkulu seperti siaran pers Kepala Dispenarmabar, Letkol Laut (P) Agung Nugroho.

Sementara itu, untuk memeriahkan Hari Ulang Tahun Pangkalan Angkatan Laut Bengkulu ke-32 nantinya, akan digelar berbagai kegiatan yang bersifat kemaritiman. Mulai dari lomba dayung perahu karet, lomba renang laut, lomba mancing dan lomba bola voli antar-instansi.

Bupati Mukomuko Choirul Huda melalui Sekretaris Daerah (Sekda) Mukomuko Syafkani, mengatakan, pemberian bibit merupakan amanah yang dititipkan oleh Angkatan Laut Bengkulu. Tujuannya untuk mencegah abrasi, melestarikan biota laut dipesisir pantai dengan penanaman tanaman mangrove di Kabupaten Mukomuko.

“Amanah yang dipercayakan kepada kami, Insya Allah akan kami jaga dan laksanakan. Kami akan menanam dan melestarikan bibit tanaman mangrove yang diberikan Lanal Bengkulu untuk Kabupaten Mukomuko,” ujar Syafkani.(fri/jpnn)

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar