Cegah Kasus Besar di Filipina Ini Terulang, Menaker Ida Fauziyah Sampaikan Pesan Penting

Cegah Kasus Besar di Filipina Ini Terulang, Menaker Ida Fauziyah Sampaikan Pesan Penting
Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah meminta masyarakat lebih selektif dalam memilih informasi bekerja ke luar negeri. Foto: Dokumentasi Humas Kemnaker

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah berharap kasus penipuan penempatan pekerja migran Indonesia sebagai online scammer di Filipina tidak terulang kembali.

Karena itu, dia meminta masyarakat untuk lebih selektif dalam memilih informasi bekerja ke luar negeri.

"Salah satu penyebab terjadinya kasus ini adalah ketidaktahuan masyarakat terhadap proses penempatan pekerja migran Indonesia yang sesuai prosedur dan adanya lowongan kerja penipuan yang terdapat di media sosial," ungkap Menaker Ida Fauziyah melalui siaran pers Biro Kemnaker yang diterima Minggu (27/).

Penyebab lainnya terjadinya kasus besar di Filipina tersebut, beber Menaker Ida Fauziyah, disebabkan proses penempatan atau pemberangkatannya dilakukan oleh orang perseorangan secara tertutup melalui pesan singkat di WhatsApp atau media sosial lainnya.

Menaker Ida menegaskan untuk mencegah terjadinya Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) dengan modus penempatan pekerja migran Indonesia, perlu adanya kerja sama dan kolaborasi antarkementerian/lembaga.

Selain itu, peran aktif masyarakaf dengan memberikan informasi ke Kemnaker lewat call center di 1500-630 atau WhatsApp di nomor 08119521150.

"Penanganan isu pekerja migran Indonesia harus dilakukan secara bersama atau terintegrasi antarpemerintah pusat, provinsi, dan kabupaten/kota serta pemerintah desa sebagaimana amanat Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2017," tandasnya.

Dia juga meminta masyarakat untuk mewaspadai iklan lowongan pekerjaan penipuan yang memiliki ciri-ciri, antara lain data dan alamat perusahaan penempatan tidak jelas, iklan atas nama perseorangan, syarat untuk bekerja ringan, dan menawarkan gaji tinggi atau fantastis.

Simak pesan penting Menaker Ida Fauziyah agar kasus besar yang terjadi di Filipina tidak terulang dan pekerja migran Indonesia korban penipuan tidak bertambah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News