Cegah Kegiatan Ilegal, Posal Muara Gelar Patroli Rutin

Cegah Kegiatan Ilegal, Posal Muara Gelar Patroli Rutin
Personel Pos Pengamat TNI AL (Posmat) Muara Kubu jajaran Lantamal XII Pontianak melaksanakan berkoordinasi untuk melaksanakan kegiatan patroli rutin. Foto: Dispen Koarmabar

jpnn.com, PONTIANAK - Untuk mencegah kegiatan ilegal di laut, Pos Pengamat TNI AL (Posmat) Muara Kubu jajaran Lantamal XII Pontianak melaksanakan kegiatan patroli rutin.

Patroli terbatas dilakukan dalam rangka menjaga kemanan dan mengantisipasi adanya kegiatan melanggar hukum melalui jalur laut seperti masuknya narkoba lewat jalur laut. Patroli juga sekaligus melaksanakan penertiban surat dokumen kapal dan alat tangkap di perairan Muara Kubu, Kalimantan Barat.

Pelaksanaan patroli tersebut dipimpin langsung oleh Komandan Pos Pengamat TNI AL (Posmat) Muara Kubu Lantamal XII Pontianak, Pelda Mes Satuhir beserta anggota menggunakan Kapal Patroli Keamanan Laut (Patkamla) Padang Tikar PAT II-12-1.

Dari hasil pelaksanaan patroli telah diperiksa Kapal Tug Boat (TB) atas nama Armada Samudra 9 yang menggandeng TKG Ratu Juwita dengan muatan Premium 1.051,398 T, Petralite 1.052,737 T, dan Diesel oil 1.678,404 T.

“Setelah diperiksa, tidak ditemukan indikasi adanya pelanggaran baik dari kelengkapan surat dan jumlah muatan, sehingga kapal diizinkan melanjutkan pelayaran,” kata Kepala Dispenarmabar, Kolonel Laut (P) Agung Nugroho.

Dalam melaksanakan patroli, Posmat Muara Kubu juga kerap berkoordinasi dengan instansi samping dalam rangka menciptakan situasi kondusif sehingga memberikan rasa aman bagi para pengguna laut khususnya disekitar perairan Muara Kubu Kalimantan Barat.

Selain patroli tersebut dalam rangka menciptakan keamanan juga sebagai antisipasi dalam merespons terjadinya kecelakaan di laut, sehingga Tim Search And Rescue (SAR) senantiasa standby.

“Hal ini tentu agar bisa memberikan pertolongan kepada korban dengan cepat dan secara aktif terlibat dalam aksi tanggap bencana maupun penyelamatan di wilayah perairan Muara Kubu Kalimantan Barat,” katanya.(fri/jpnn)


Untuk mencegah kegiatan ilegal di laut, Pos Pengamat TNI AL (Posmat) Muara Kubu jajaran Lantamal XII Pontianak melaksanakan kegiatan patroli rutin.


Redaktur & Reporter : Friederich

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News