Cegah Kriminalitas, Hidupkan PAM Swakarsa

Cegah Kriminalitas, Hidupkan PAM Swakarsa
Cegah Kriminalitas, Hidupkan PAM Swakarsa
Hidupkan Lagi Pam-Swakarsa Untuk Tekan Kriminalitas PANDAAN - Selama beberapa pekan terakhir, aksi kriminalitas kian marak. Kondisi ini memantik perhatian para pihak. Salah satunya tokoh pemuda Rizal Fahmi Syatori. Dia mengusulkan untuk menghidupkan lagi Pam-Swakarsa guna meminimalisir tindak kriminal. "Masyarakat enggan keluar. Apalagi kalau malam hari," katanya. Jika dibiarkan, maka kondisi tersebut akan berdampak panjang pada perkembangan masyarakat. "Ya, karena keamanan adalah faktor utama pembangunan," imbuh alumnus Institut Teknologi Nasional (ITN) ini.

Karena itu, dia mengusulkan untuk menghidupkan kembali model keamanan yang melibatkan warga. Misalnya, siskamling atau pas swakarsa yang lain. "Apalagi, perda untuk ini kan sudah ada," jelasnya.Memang, tugas untuk menjaga keamanan adalah kewajiban polisi. Namun, jika hanya mengandalkan petugas kata Rizal, terwujudnya keamanan jelas merupakan hal yang sulit terwujud. Mengingat, jumlah polisi cukup terbatas. "Karena itu, peran masyarakat itu yang terpenting," katanya.

Rizal sendiri memiliki pandangan khusus tentang maraknya tindak kejahatan akhir-akhir ini. Menurutnya, meningkatnya aksi kriminalitas bukan hanya sebagai persoalan keamanan belaka. Lebih dari itu, hal itu sebagai akibat kondisi ekonomi yang belum sepenuhnya membaik.

Salah satu indikasinya, adalah minimnya lapangan kerja yang memadai. Sementara kebutuhan keluarga mendesak untuk segera dipenuhi. "Kondisi seperti ini cenderung memaksa pelaku untuk berbuat kriminal," katanya. Meski begitu, latar belakang ekonomi dinilainya menjadi penyebab yang umum.

Hidupkan Lagi Pam-Swakarsa Untuk Tekan Kriminalitas PANDAAN - Selama beberapa pekan terakhir, aksi kriminalitas kian marak. Kondisi ini memantik

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News