Ceko v Belanda: Terburuk Sejak 22 Tahun

Ceko v Belanda: Terburuk Sejak 22 Tahun
Pelatih Belanda, Guus Hiddink.

PRAHA - Belanda harusnya bisa mengambil satu angka dalam lawatannya ke Generali Arena, Praha, kandang Republik Ceko pada laga perdana kualifikasi Grup A, EURO 2016 kemarin (10/9). Namun blunder full back kanan Daryl Janmaat pada menit pertama injury time babak kedua membuat Belanda gigit jari. Oranje menyerah 1-2.

    

Kekalahan ini mengejutkan. Sebab di atas kertas, Belanda yang menempati ranking ketiga Piala Dunia 2014 sangat diunggulkan. Apalagi catatan statistik memberikan bukti nyata lainnya.

      

Belanda tidak pernah kalah dalam pertandingan pertama kualifikasi ajang besar (EURO dan Piala Dunia) sejak 1992 alias 22 tahun yang lalu. Belanda kali terakhir bertekuk lutut di kandang Norwegia, Ullevaal Stadion 1-2, pada kualifikasi Piala Dunia 1994, 23 September 1992.

      

"Itu semua kesalahan saya. Saya mengacaukan segalanya," keluh Janmaat kepada NOS. Memang, blunder pemain baru Newcastle United itu seharusnya tidak perlu terjadi. Janmaat gagal mengantisipasi umpan silang winger Borek Dockal.

      

PRAHA - Belanda harusnya bisa mengambil satu angka dalam lawatannya ke Generali Arena, Praha, kandang Republik Ceko pada laga perdana kualifikasi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News