Cerita Butet Kartaredjasa saat Jokowi Tidak Berani Masuk ke Padepokannya

Cerita Butet Kartaredjasa saat Jokowi Tidak Berani Masuk ke Padepokannya
Presiden Joko Widodo menyaksikan vaksinasi massal untuk seniman dan budayawan di Yogyakarta, Rabu (10/3). Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden

jpnn.com, JAKARTA - Seniman senior Butet Kartaredjasa menceritakan bahwa Presiden Joko Widodo saat masih duduk di bangku kuliah, tidak berani memasuki Padepokan Seni Bagong Kussudiardja, Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta.

Namun, kata Butet, Jokowi yang sudah menjadi presiden RI itu kini datang ke padepokannya.

"Dulu Pak Jokowi itu pernah cerita sama saya, semasa mahasiswa beliau ini pernah blusukan sampai padepokan. Sebagai mahasiswa ingin tahu apa (isinya), tetapi konon cuma sampai di luaran sana. Enggak berani masuk ke dalam," kata Butet di sela-sela proses vaksinasi seniman dan budayawan yang disaksikan Presiden Jokowi.

Butet melanjutkan, Presiden Jokowi sudah menginjakkan kakinya di Padepokan Seni Bagong Kussudiardja.

Butet pun mengajak Presiden Jokowi melihat beberapa kegiatan di padepokan itu.

Menurut Butet, salah satu orkes binaannya berhasil menciptakan lagu selama pandemi Covid-19, yang berjudul Vaksin Untuk Negeri.

Butet menjelaskan, orkes itu sebenarnya warisan dari adiknya, Almarhum Djajuk Ferianto. Namun, yang menciptakan lagu Vaksin Untuk Negeri ialah pedagang angkringan bernama Yudi.

"Begitu, Pak Jokowi. Meski situasinya darurat pandemi, tetap konsisten, tabah, kelamaan nirincome, kawan-kawan tetap produktif, tetap semangat berkarya, bangkit berkarya," kata dia. (tan/jpnn)

Yuk, Simak Juga Video ini!

Seniman senior Butet Kartaredjasa menceritakan masa Presiden Joko Widodo saat masih duduk di bangku kuliah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News