Asian Games 2018

Cerita di Balik Tim Estafet 4 x 100m Putra Indonesia

Cerita di Balik Tim Estafet 4 x 100m Putra Indonesia
Tim estafet 4 x 100m putra Indonesia (kiri ke kanan) Bayu Kertanegara, Eko Rimbawan, Fadlin dan Lalu Muhammad Zohri. Foto: Jewel Samad/AFP

jpnn.com, JAKARTA - Indonesia akhirnya menciptakan sejarah baru di cabang olahraga atletik nomor estafet 4 x 100m putra. Itu setelah Fadlin, Lalu Muhammad Zohri, Eko Rimbawan dan Bayu Kartanegara mengamankan medali perak di SUGBK Jakarta, Kamis (30/8) malam.

Yang menarik adalah, komposisi pelari yang diturunkan pelatih tim sprint Indonesia, Eni Nuraini berubah dari saat latihan terakhir sebelum Asian Games berlangsung.

Yaspi Boby yang sebelumnya masuk di tim, digantikan Bayu yang secara kemampuan lebih segar dengan tenaga muda. “Secara teknis memang catatan waktu Boby menurun, dia juga turun di nomor individu 100 meter sebelumnya,” kata Eni.

Beruntung, Bayu merupakan pelari muda yang sejak junior berlatih dengan para seniornya. “Saya latihan sama mereka, meski menjadi pendamping, tetapi sudah ikut. Jadi ketika masuk senior dan ditunjuk sebagai pelari ke berapa pun sudah siap,” beber Bayu.

Tadi malam, Bayu menjadi pelari terakhir sekaligus memastikan Indonesia finis kedua setelah Jepang yang mengemas waktu 38,16 detik.

Raihan sekeping perak kemarin juga menjadi perpisahan sempurna bagi Fadlin. Usianya tahun ini masuk 29 tahun, dia juga sudah merencanakan pensiun setelah Asian Games 2018. “Ini merupakan lomba terakhir buat saya, rencana ke depan saya mau mengabdi sebagai asisten pelatih dulu,” sebut pelari asal Nusa Tenggara Barat itu. 

Secara teknis, PB PASI menyebutkan performa atlet Indonesia memang menurun secara perolehan medali emas. “Tetapi sebenarnya bukan itu pertimbangannya, tetapi lebih ke target masing-masing nomor, sejauh ini masih masuk,” sebut Sekjen PB PASI, Tigor Tanjung.

Mengacu perolehan medali dari edisi empat tahun lalu di Incheon, Korea Selatan. Saat itu, Indonesia masih bisa mencuri sekeping emas dari Maria Natalia Londa di lompat jauh putri. Tahun ini, Londa gagal mempertahankan prestasinya. 

Komposisi awal tim estafet 4 x 100m putra Indonesia tidak seperti saat melakoni final Asian Games 2018.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News