JPNN.com

Cerita Jokowi soal Masjid KH Hasyim Asyari, Basuki & Betawi

Sabtu, 15 April 2017 – 13:42 WIB Cerita Jokowi soal Masjid KH Hasyim Asyari, Basuki & Betawi - JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo bersyukur pembangunan Masjid Raya KH Hasyim Asyari, Daan Mogot, Jakarta Barat telah selesai. Masjid tersebut dibangun ketika Jokowi, sapaan presiden masih menjabat Gubernur DKI Jakarta.

Jokowi beralasan ketika itu Jakarta belum memiliki masjid raya yang mampu menampung jemaah dalam jumlah banyak.

"Setelah peletakan batu pertama dimulai dan diselesaikan oleh Gubernur Basuki Tjahaja Purnama, dan alhamdulillah saat ini masjid ini telah selesai 100 persen," ujar Presiden Jokowi dalam sambutan saat peresmian masjid tersebut, Sabtu (15/4).

Masjid Raya KH Hasyim Asyari menurut Jokowi, juga bukti komitmen pemerintah pusat dan pemda DKI Jakarta dalam menghargai hak beribadah umat Islam sebagai pilar utama bangsa ini. "Dan pemerintah mendukung penuh hak beragama dan beribadah warganya," tegas mantan Wali Kota Surakarta itu.

Selain telah selesai dibangun, Presiden Jokowi juga senang karena ornamen masjid dipenuhi ciri khas Betawi, sesuai permintaan Pemprov DKI ketika itu. Sebab, ide bangunannya sendiri memang diinspirasi Rumah Batang.

"Jadi ini hampir seluruhnya karakter Betawi itu dimunculkan di Masjid Raya KH Hasyim Asyari ini. Saya sebagai presiden sekali lagi mengucapkan terima kasih dan selamat atas tuntasnya masjid raya ini," ujarnya.

Setelah meresmikan masjid ditandai pemukulan beduk dan penandatanganan prasasti, Presiden Jokowi, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, KH Solahudin Wahid dan rombongan menunaikan salat zuhur berjamaah. (fat/jpnn)

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...