Cerita Sukses Bintan Bius Rakor Crossborder di Bali

Cerita Sukses Bintan Bius Rakor Crossborder di Bali
Menteri Pariwisata, Arief Yahya. Foto: Kemenpar for JPNN.com

jpnn.com, DENPASAR - Rakor Crossborder di Bali, 14-15 Agustus kemarin tak hanya membahas persoalan-persoalan serius. Ada juga success story yang dikemas dengan sangat elegan. Cerita sukses itu diceritakan langsung oleh Kadispar Bintan, Luki Zaiman Prawira.

Gaya melukiskan success story event border tourism itu dikemas beda. Seluruh audience yang terdiri dari Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP), Biro Pusat Statistik (BPS), Dinas Pariwisata Daerah, Imigrasi, Direktorat Jenderal Anggaran Kemenkeu, Kepolisian, Dinas Pariwisata Provinsi Perbatasan dan 31 Dinas Pariwisata Kab/Kota di wilayah perbatasan, seperti diajak berpetualang ke Bintan. Kemegahan acara, kerumunan wisman dan wisnus, hingga destinasinya, tergambar secara mumpuni lewat tayangan video berdurasi 15 menit.

Seluruh peserta rakor dibuat terkesima. Semangat semua Kadispar seperti ikut dipompa. Maklum, event-event yang ditayangkan video berdurasi 15 menit itu seluruhnya kelas dunia.

Dari mulai Ironman, Bintan Triathlon, Tour de Bintan, Golf Asia Challenge, Moon Run Festival, hingga Reebok Spartan Race Bintan, semua dipertontonkan. Dan semuanya memperlihatkan crowd yang luar biasa. Wisman Singapore, Australia, Prancis, Thailand, Inggris dan belahan Eropa lainnya, semua berbaur jadi satu dengan wisnus.

Hasilnya, daerah dan stakeholder yang terkait border tourism makin pede memperkuat wisata perbatasan. Semua makin yakin bahwa crossborder tourism bisa memakmurkan masyarakat.

“Ini luar biasa. Kalau Bintan bisa, Sangihe di Sulawesi Utara yang berbatasan dengan Filipina juga pasti bisa,” ucap Kadis Pariwisata Kabupaten Kepulauan Sangihe, Jefri Tilaar, Selasa (15/8).

“Saya makin termotivasi. Ternyata selain Bali ada juga daerah yang mampu menyelenggarakan even kelas dunia. Saya jadi ingin belajar dari Bintan, studi banding ke sana supaya kesuksesannya bisa ikut ditularkan ke Bengkayang,” timpal Kepala Dinas Pariwisata Bengkayang, Made Putra.

Dalam tayangan yang diputar di Ballroom Grand Mega Resort and Spa itu, kisah sukses Bintan memang membuat banyak orang terkesima. Dari sisi apapun, semuanya terlihat wow. Pesertanya, atlet-atlet top dunia.

Rakor Crossborder di Bali, 14-15 Agustus kemarin tak hanya membahas persoalan-persoalan serius. Ada juga success story yang dikemas dengan sangat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News