Cerita tentang Bu Mega Penasaran pada Kebiasaan Paman Ho Bersandal

Cerita tentang Bu Mega Penasaran pada Kebiasaan Paman Ho Bersandal
Bung Karno menerima kunjungan Pemimpin Vietnam Ho Chi Minh di Jakarta pada 1959. Foto: AP

jpnn.com, JAKARTA - Sosok pendiri Republik Sosialis Vietnam Ho Chi Minh ternyata pernah membuat Megawati Soekarnoputri penasaran. Memang, tokoh yang memimpin Vietnam pada era 1945 - 1969 tersebut bersahabat dekat dengan Proklamator RI Soekarno yang juga ayah Megawati.

Indonesia dan Vietnam sama-sama merdeka pada Agustus 1945. Bung Karno pernah berkunjung ke Vietnam, sedangkan Paman Ho -panggilan beken Ho Chi Minh- pun pernah mengunjungi Jakarta pada 1959.

Saat Paman Ho berkunjung ke Jakarta, Bung Karno mengajaknya bertemu keluarga. Megawati yang kala itu masih belia pun ikut menyambut Paman Ho.

Adalah Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto yang mengaku menerima cerita itu dari Megawati. Hasto lantas menceritakan ulang kisah itu saat menghadiri Peringatan 60 Tahun Hubungan Indonesia - Vietnam dan Pameran Foto Bung Karno - Ho Chi Minh di Gedung Arsip Nasional, Jalan Gajah Mada, Jakarta Pusat, Jumat (8/11).

Cerita tentang Bu Mega Penasaran pada Kebiasaan Paman Ho Bersandal
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto usai menghadiri Peringatan 60 Tahun Hubungan Indonesia - Vietnam di Gedung Arsip Nasional, Jakarta Pusat, Jumat (8/11). Foto: Publicist DPP PDIP

Menurut Hasto, penampilan Paman Ho yang selalu bersandal ternyata menarik perhatian Megawati. Pemilik nama Dyah Permata Megawati Setyawati Soekarnoputri itu sempat bertanya kepada Paman Ho tentang kebiasaan Bapak Bangsa Vietnam tersebut bersandal.

Dalam bayangan Megawati, lazimnya pemimpin negara tentu bersepatu. “Kenapa Paman Ho begitu sederhana menggunakan sandal?” ujar Hasto menirukan pertanyaan Megawati.

“Lalu Paman Ho menjawab bahwa itu adalah bagian dari perjuangan. Beliau tetap hidup sederhana mengenakan sandal sampai bangsa Vietnam benar-benar merdeka," tutur Hasto.

Sosok pendiri Republik Sosialis Vietnam Ho Chi Minh yang selalu tanpil bersandal ternyata membuat penasaran Megawati Soekarnoputri.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News