Charta Politika Sebut Elektabilitas Ganjar Meningkat Setelah Rakernas Projo

Charta Politika Sebut Elektabilitas Ganjar Meningkat Setelah Rakernas Projo
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Foto : Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - Charta Politika merilis hasil survei terbaru terkait calon presiden (capres) 2024. Dalam survei tersebut, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menempati posisi teratas.

Dari simulasi tiga nama, Ganjar meraih elektabilitas tertinggi dengan 36,5 persen. Kemudian diikuti Menhan Prabowo Subianto dengan 26,7 persen dan Gubenur DKI Jakarta Anies Baswedan sebesar 24,9 persen.

Sedangkan yang tidak menjawab dan tidak tahu sebesar 11,9 persen.

“Hanya Ganjar Pranowo yang mengalami kenaikan dari 33,3 persen pada survei Desember 2021 ke April 2022 dan kemudian naik ke 36,5 persen, sesudah rakernas Projo,” kata Direktur Eksekutif Charta Politika Yunarto Wijaya dalam siaran persnya, Senin (13/6).

Yunarto menyebut rakernas Projo yang dihadiri Presiden Joko Widodo (Jokowi) berdampak pada elektabilitas Ganjar. Dalam rakernas itu, Jokowi seakan-akan memberi sinyal dukungan kepada Ganjar Pranowo. 

“Saya tidak bisa (pastikan) disebabkan oleh rakernas Projo, tetapi bisa dibuat hipotesis kalau dalam waktu yang bersamaan memang salah satu momen yang berpengaruh besar," kata Yunarto.

Menurut dia, pada momen rakernas Projo itu pertama kali bagi Presiden Jokowi membicarakan Pilpres 2024.

Selain itu, banyak orang yang menilai Jokowi sudah memberikan sinyal dukungan kepada Ganjar.

Charta Politika menyebut elektabilitas Ganjar Pranowo mengalami peningkatan setelah rakernas Projo beberapa waktu lalu.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News