China Bersumpah Akan Membalas Tindakan Amerika kepada Unicom

China Bersumpah Akan Membalas Tindakan Amerika kepada Unicom
Foto dokumentasi ini menunjukkan seorang konsumen menjajal ponsel 5G di aula bisnis China Unicom cabang Beijing di Beijing, ibu kota China Foto: Xinhua/Shen Bohan

jpnn.com, BEIJING - Otoritas China sedang menyiapkan aksi balasan atas pencabutan izin beroperasi Unicom di Amerika Serikat.

"Kami akan mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk melindungi hak perusahaan China," demikian pernyataan Kementerian Industri dan Teknologi Informasi China (MIIT) di Beijing, Kamis.

China menentang keputusan Komisi Komuniksi Federal AS (FCC) yang mencabut izin beroperasi terhadap operator telekomunikasi milik pemerintah China tersebut di AS.

AS telah merusak iklim usaha di dalam negerinya hingga merugikan legalitas perusahaan China dan konsumen global, demikian MIIT.

MIIT mendesak AS untuk bersikap adil dan tidak diskriminatif terhadap perusahaan China. Namun MIIT tidak menyebutkan aksi balasan yang bakal disiapkan untuk menanggapi sanksi AS terhadap perusahaan "pelat merah" tersebut.

FCC memerintahkan Unicom untuk mengakhiri layanan telekomunikasi domestik antarnegara bagian dan internasional di AS dalam waktu 60 hari sejak keputusan tersebut diterbitkan pada Kamis.

Sanksi tersebut dikeluarkan karena Unicom berpotensi mengganggu sistem keamanan AS.

Pada 2019, FCC menolak permohonan China Mobile Ltd untuk menyediakan layanan telekomunikasi AS dengan alasan risiko keamanan nasional. (ant/dil/jpnn)

Sanksi Amerika Serikat terhadap perusahaan China ini sukses memicu kemarahan Beijing

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News