Cium Hidung Ala Maori Sambut Kehadiran Presiden Jokowi

Cium Hidung Ala Maori Sambut Kehadiran Presiden Jokowi
Presiden Joko Widodo disambut dengan tradisi hongi khas Suku Maori saat tiba di Government House Selandia Baru di Wellington, Senin (19/3). Foto: Biro Pers Setpres

jpnn.com, WELLINGTON - Presiden Joko Widodo memperoleh sambutan hangat ketika kunjungan kenegaraannya di Government House Selandia Baru di Wellington, Senin (19/3). Bersama Ibu Negara Iriana dan sejumlah pejabat tinggi, presiden yang beken disapa dengan panggilan Jokowi itu tiba di Government House sekitar pukul 10.30 waktu setempat atau jam 04.30 waktu Indonesia barat (WIB).

Presiden Jokowi diterima oleh Sekretaris Resmi Gubernur Jenderal Selandia Baru, Gregory Baughen. Sedangkan pejabat tinggi yang menyertai Jokowi antara lain Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Wiranto, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Kepala BKPM Thomas Lembong dan Duta Besar RI untuk Selandia Baru Tantowi Yahya.

Begitu tiba di Government House Selandia Baru, Presiden Ketujuh RI itu diperkenalkan dengan Piri Sciascia selaku kaum?tua Suku Maori. Kaum?tua merupakan sebutan bagi tetua Suku Maori yang merupakan penduduk asli Selandia Baru.

"Perkenalan tersebut dilakukan dengan melakukan hongi, sebuah tradisi unik suku Maori dengan cara saling bersentuhan hidung. Setelahnya, prosesi penyambutan Maori untuk kedatangan Presiden Joko Widodo dilakukan," ucap Deputi Bidang Protokol, Pers dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin.

Selepas acara penyambutan dan foto bersama, Jokowi mengadakan pertemuan selama kurang lebih setengah jam dengan Gubernur Jenderal Selandia Baru Patsy Reddy. Rangkaian acara berlanjut pada upacara peletakan karangan bunga di Pukeahu War Memorial. Di sana, Presiden dan Ibu Iriana memberikan penghormatan kepada para pejuang setempat.(fat/jpnn)


Ada tradisi bernama hongi yang menjadi ciri khas Suku Maori di Selandia Baru. Yakni saling bersentuhan hidung sebagai bagian prosesi penyambutan.


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News