COP27 Mesir: Negara-negara Maju Dukung untuk FOLU Net Sink 2030 Indonesia

COP27 Mesir: Negara-negara Maju Dukung untuk FOLU Net Sink 2030 Indonesia
Menteri LHK Siti Nurbaya (tengah) bersama Menteri Negara untuk Asia, Energi, Iklim, dan Lingkungan Hidup Inggris Raya Lord Goldsmith, Menteri Luar Negeri Norwegia Tvinnereim, dan Wakil Sekretaris Deputi untuk Kebijakan Iklim Amerika Serikat Rick Duke dalam sesi World Climate Leaders’ Insight on Indonesia’s FOLU Net Sink 2030 di Paviliun Indonesia COP 27 UNFCCC, Sharm El-Sheikh, Mesir, Rabu (9/11/2022) waktu setempat. Foto: Dok. KLHK

jpnn.com, JAKARTA - Indonesia memimpin dengan memberi contoh (leading by example) dalam implementasi komitmen perubahan iklim seiring dukungan tiga negara maju untuk keseimbangan emisi sektor kehutanan dan penggunaan lainnya atau FOLU Net Sink 2030.

Tiga perwakilan dari negara maju hadir bersama dengan Menteri LHK Siti Nurbaya dalam sesi World Climate Leaders’ Insight on Indonesia’s FOLU Net Sink 2030 di Paviliun Indonesia COP 27 UNFCCC, Sharm El-Sheikh, Mesir, Rabu (9/11/2022) waktu setempat.

Tampak di antara yang hadir adalah Menteri Negara untuk Asia, Energi, Iklim, dan Lingkungan Hidup Inggris Raya Lord Goldsmith, Menteri Luar Negeri Norwegia Tvinnereim, dan Wakil Sekretaris Deputi untuk Kebijakan Iklim Amerika Serikat Rick Duke.

Dalam sesi ini Menteri LHK Siti Nurbaya menyampaikan sektor FOLU menjadi salah satu fokus utama pencapaian NDC Indonesia untuk menanggulangi perubahan iklim.

“Indonesia kini menjadi salah satu negara dengan tingkat deforestasi terendah. Ini komitmen Indonesia yang berbasis bukti, bukan semata janji sebagai kontribusi aktif Perjanjian Paris dan Pakta Glasgow,” kata Menteri LHK Siti Nurbaya.

Siti Nurbaya menambahkan pentingnya dukungan dan peran generasi milenial mengawal keberhasilan kebijakan perubahan iklim, mulai dari kebijakan di tingkat pemerintah pusat sampai ke tingkat tapak.

“Kami menghargai dan mendorong peran generasi muda sebagai salah satu stakeholders yang ikut mengawal keberhasilan kebijakan perubahan iklim di Indonesia," kata Siti Nurbaya.

Pada kesempatan tersebut, Menteri Goldsmith mengapresiasi kepemimpinan internasional Indonesia dalam isu-isu iklim dan lingkungan.

Indonesia memimpin dengan memberi contoh dalam implementasi komitmen perubahan iklim seiring dukungan tiga negara maju untuk keseimbangan FOLU Net Sink 2030.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News