Covid-19 Mengganas di Kalsel, Pasukan Brimob Turun Tangan

Covid-19 Mengganas di Kalsel, Pasukan Brimob Turun Tangan
Tim KBR Satuan Brimob Polda Kalsel melakukan pemakaman jenazah pasien COVID-19 di Kota Banjarbaru. Foto: Antara/Firman)

jpnn.com, BANJARBARU - Tim Kimia, Biologi, dan Radioaktif (KBR) Satuan Brimob Polda Kalimantan Selatan ditugaskan khusus dalam membantu penanganan covid-19.

Kini tim tersebut dalam sehari bisa sampai dua kali melakukan pemakaman jenazah pasien terkonfirmasi positif.

"Penularan covid-19 semakin mengganas, dalam sehari bahkan bisa sampai dua kali kita membantu proses pemakaman," terang Komandan Satuan Brimob Polda Kalsel Kombes Ronny Suseno di Banjarbaru, Minggu malam.

Mengingat markas komandonya di Guntung Payung Kota Banjarbaru, Tim KBR di bawah Detasemen Gegana saat ini hanya memberikan layanan pemakaman jenazah covid-19 di wilayah Banjarbaru dan sekitarnya.

Namun, jika ada permintaan khusus dari pihak rumah sakit atau masyarakat, maka bisa saja Tim KBR Brimob membantu yang berada di luar wilayah Banjarbaru.

Ronny juga mengingatkan kembali masyarakat agar tetap disiplin protokol kesehatan setelah melihat peningkatan kasus hingga kematian akibat covid-19 tersebut,

"Covid-19 nyata adanya dan bisa sangat mematikan bagi yang komorbit dan lanjut usia. Bahkan belakangan anak-anak juga banyak yang terpapar. Tim KBR Brimob terus bekerja keras membantu pemakaman yang hampir setiap hari ada permintaan," lanjut Ronny.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan per tanggal 20 Juni 2021, ada 650 pasien COVID-19 yang kini dalam perawatan dan 1.052 orang telah meninggal dunia.

Kini tim dari Brimob dalam sehari bisa sampai dua kali melakukan pemakaman jenazah pasien terkonfirmasi positif covid-19.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News