COVID-19 Merajalela, Anies Berharap Program Pemerintah Pusat Ini Sadarkan Warga Jakarta

COVID-19 Merajalela, Anies Berharap Program Pemerintah Pusat Ini Sadarkan Warga Jakarta
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat memberikan keterangan kepada awak media di Gedung Balai Pertemuan Polda Metro Jaya, Rabu (10/2). Foto: Fransiskus Adryanto Pratama/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, pentingnya membangun kesadaran menjaga protokol kesehatan di lingkungan keluarga untuk mencegah penularan COVID-19 di Jakarta.

Kesadaran tersebut merupakan bagian dari program pemberlakukan perpanjangan kegiatan masyarakat (PPKM) yang berbasis mikro.

Adapun, program pemerintah pusat itu tertuang dalam Surat Instruksi Kemendagri Nomor 3 Tahun 2021.

"Program PPKM tingkat mikro ini diharapkan nantinya bisa membangun kesadaran di tingkat lokal, skala komplek, kampung RT/RW tentang pentingnya di dalam keluarga untuk menjaga protokol kesehatan," ungkap Anies kepada wartawan di Polda Metro Jaya, Rabu (10/2) sore.

Lebih lanjut, bekas Mendikbud itu mengungkapkan, penularan covid-19 di lingkungan keluarga sangat tinggi.

Mantan Rektor Universitas Paramadina itu menyebut, kasus aktif covid-19 karena kluster keluarga sekitar 41 persen.

"Di Jakarta sendiri klaster keluarga itu porsinya sekitar 41 persen," katanya.

Oleh karena itu, kata dia, dalam proses penangananya, TNI-Polisi dan pemerintah daerah telah mengagas kampung tangguh bagi warga yang memiliki gejala dan memerlukan pemeriksaan gugus tugas untuk proses penanganan yang cepat.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berharap program Mendagri ini lebiih efektif dalam menyadarkan warga ketimbang program-program yang ada sebelumnya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News