CPNS Hanya Serap Sebagian Pengangguran

Pencaker 21.332 Orang, Kursi CPNS 4.268 Orang

CPNS Hanya Serap Sebagian Pengangguran
CPNS Hanya Serap Sebagian Pengangguran
BENGKULU - Lowongan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang dibuka November mendatang, diprediksi mengundang minat para pencari kerja (pencaker). Hanya saja, formasi CPNS yang ada belum mampu menyerap sebagian besar pencaker tersebut. Di Provinsi Bengkulu Misalnya,  Berdasarkan data yang digali Rakyat Bengkulu (grup JPNN), total Pencaker se Provinsi Bengkulu saat ini tercatat 21.332 orang. Pencari kerja didominasi perempuan 11.293 orang, dan Laki-laki sebanyak 10.039 orang tersebut. Terbagi, lulusan sarjana sebanyak 8.757 orang, menyusul SLTA 8.198 orang, Diploma III 2.945 orang dan Diploma II 1.432 orang.

Jumlah tersebut jauh lebih banyak dibandingkan  total kuota CPNS (seluruh instansi) yang hanya 4.268 orang. Rinciannya, seleksi CPNS Pemd /Kota/Kabupaten dan Pemprov se Provinsi Bengkulu sebanyak 2.133 orang. Badan Pusat Statistik (BPS) 46 orang, STAIN Curup 11 orang, Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi 123 orang, Universitas Bengkulu 15 orang, KPU Se Provinsi Bengkulu 21 orang, Ditjen LPMP Bengkulu 5 orang, Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Provinsi     82 orang, Kementerian Perhubungan wilayah Bengkulu 206 orang (se Indonesia), Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) 243 orang (se Indonesia)dan Pengadilan Tinggi 1.383 orang (se Indonesia).

Dengan perbandingan seperti itu, persaingan memperebutkan kursi CPNS bakal ketat dan mayoritas bakal gigit jari. Apalagi lulusan SMA harus diakui, rata-rata formasi yang disediakan untuk lulusan tersebut minim, dan biasanya hanya ada di instansi vertikal. Meskipun jumlah yang akan diakomodir tidak seimbang dengan jumlah kursi yang tersedia, namun tetap saja CPNS menjadi ajang yang ditunggu-tunggu setiap tahunnya.

Pengamat Ekonomi Unib Handoko Hadiyanto, PhD kemarin kepada Rakyar Bengklu mengatakan, masyarakat seharusnya tidak lagi berpendapat bahwa profesi PNS satu-satunya prospek untuk masa depan. "Karena di swasta, selain pendapatan bisa cepat meningkat, sudah banyak perusahaan yang juga memberikan pensiun dan jaminan sosial tenaga keraja. Termasuk jaminan kesehatan bagi karyawan mereka," kata Handoko yanga juga dosen Unib ini.

BENGKULU - Lowongan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang dibuka November mendatang, diprediksi mengundang minat para pencari kerja (pencaker).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News